Jakarta (ANTARA) - Beberapa model mobil listrik sudah dipasarkan di Indonesia sebelum Presiden Joko Widodo mengatakan pada Kamis (8/8) telah menandatangi Peraturan Presiden (Perpres) kendaraan listrik yang akan nantinya akan mendorong industri otomotif untuk memproduksi mobil ramah lingkungan.

Guna mendukung target kendaraan ramah lingkungan sebanyak 25 persen pada 2025, setidaknya sejumlah produsen otomotif "menjajal" pasar mobil "hijau", bahkan beberapa di antaranya menyatakan tengah melakukan studi untuk memproduksinya di nusantara. 

“Kita tahu 60 persen mobil listrik itu kuncinya ada di baterainya dan bahan untuk membuat baterai seperti kobalt, mangan dan lain-lainya, yang semuanya ada di negara kita. Strategi bisnis ini kita rancang agar nanti kita bisa mendahului dalam membangun industri mobil listrik yang kompetitif,” kata Joko Widodo, Kamis (8/8).

Namun sebelum menuju ke era produksi mobil listrik, beberapa model mobil listrik sudah masuk Tanah Air, berikut di antaranya:

BMW i3s

 
BMW i3s (ANTARA News/Istimewa)


Kendaraan asal Jerman berdesain unik ini memiliki imensi 4.006 mm, tinggi 1.570 mm dan lebar 2.039 mm. BMW i3s menggunakan frame karbon fiber serta desain yang dinamis dengan bumper depan yang terlihat futuristik.

Mobil ini menggunakan motor listrik bertenaga 184 tk dengan torsi maksimal 270 Nm. Harga yang ditawarkan oleh BMW unutk perkenalan dibanderol dengan harga Rp 1,299 miliar
off the road Jakarta.

Toyota Prius
 
Toyota Prius PHEV (ANTARA News/Chairul Rohman)


Mobil ini menjadi hybrid pertama yang dijual PT Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia sejak 10 tahun yang lalu. Saat ini Prius sudah memasuki generasi ketiga.

Toyota Prius yang ada di Indonesia menggunakan mesin 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.800cc 4 silinder serta dual VVT-I yang menggunakan system penggerak roda depan dan dua motor listrik di dalamnya.

Outlander PHEV
 
Mengisi daya listrik Outlander PHEV di Tokyo (ANTARA News/Alviansyah P)


Outlander PHEV sebelum dipasarkan di Indonesia sudah diniagakan di 50 negara.

Kendaraan itu memiliki dua motor untuk penggerak roda depan dan belakang, masing-masing mempunyai daya 60kW untuk bagian depan dan 70Kw pada bagian belakang. Outlander PHEV hadir dengan teknologi Plug-in Hybrid, perpaduan mesin bensin 2.4 L dengan tenaga puncak 99 kW dan torsi 211 Nm. Mobil ini djual Rp1,2 miliar.

Lexus ES300H
 
2019 Lexus EX 300h Sports Luxury



Produsen mobil mewah asal Jepang, Lexus memiliki sedan ramah lingkungan ES300h yang mengusung desain hexagonal pada bagian wajah.

Sedan ini dibekali mesin 2.500 cc yang menyemburkan tanaga tenaga maksimal dari torsi mencapai 214 Nm pada putaran rpm 4.500. Dengan tenaga tersebut, ES300h sanggup melakukan akselerasi dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu 8,5 detik. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp1,1 miliar.

Mercedes-Benz E350
 
Mercedes-Benz E350 (ANTARA News/Chairul Rohman)


Kendaraan mewah punya fitur EQ Boost dengan mesin empat silinder berkapasitas 2.000cc, yang menghasilkan tenaga 220 kW atau 229 hp. Sedan ini mampu melesat dari 0-100 kilometer hanya membutuhkan waktu 5,9 detik dengan top speed 250 kilometer per jam. Mobil ini dijual Rp1,5 miliar.

Selain mobil tersebut, terdapat model lain yang dijual di Indonesia, antara lain Tesla Model X, BMW i8 Hybrid, Toyota Camry Hybrid, Toyota C-HR Hybrid, Alphard Hybrid hingga Renault Twizy.


Baca juga: Tanggapan pabrikan otomotif terkait aturan mobil listrik

Baca juga: Perpres mobil listrik diteken, industri dipacu bentuk strateginya

Baca juga: Sepeda listrik Lyft ditangguhkan karena kebakaran baterai
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019