Juknis LCGC bakal diluncurkan Jumat

Kamis, 1 Agustus 2013 03:05 WIB | Dilihat 5690 Kali
Juknis LCGC bakal diluncurkan Jumat

Kebijakan Insentif Kendaraan LCGC Dirjen IUBTT Kementerian Perindustrian Budi Darmadi memberikan keterangan kepada wartawan media massa cetak dan elektronik seputar kebijakan insentif bagi kendaraan LCGC dan kendaraan rendah emisi di Kementerian Perindustrian Jakarta 10 Juni 2013. (kemenperin.go.id) ()

Jakarta (ANTARA News) - Petunjuk teknis (juknis) mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) akan diluncurkan Jumat, kata Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika (IATT) Kementerian Perindustrian Budi Darmadi.

"Diusahakan Jumat (2/8)," katanya, di Jakarta, Rabu malam, menanggapi pertanyaan kapan juknis LCGC akan diumumkan. Budi mengatakan juknis tersebut sudah jadi, hanya masalah administrasi di biro hukum Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Juknis itu antara lain mengatur penggunakan merek lokal untuk LCGC dan sejumlah kriteria teknis lainnya. Budi juga menegaskan program LCGC akan tetap jalan meskipun sejumlah kalangan ada yang khawatir keberadaan mobil murah itu bakal menambah kemacetan, khususnya di Jakarta.

Menurut dia, dari ratusan kabupaten/kota di Indonesia, paling hanya sekitar 50 kabupaten/kota yang macet, selebihnya banyak daerah jauh dari kemacetan.

"Terlalu besar kalau hanya persoalan itu. Ini (LCGC) untuk kepentingan nasional dan industri kita," ujar Budi.

LCGC, kata dia, menciptakan efek berantai berupa masuknya sekitar 60 industri komponen baru dan menyerap 30 ribu tenaga kerja baru, serta menumbuhkan sektor pembiayaan.

"Kebijakan ini (LCGC) memang tidak nyaman bagi importir (mobil), tapi nyaman bagi industri," kata Budi.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2013

Kirim Komentar
Komentar Pembaca

Umum

Intip beda Abarth 500 dan Fiat 500

Meski Abarth 500 dibangun dari Fiat 500, terdapat perbedaan antara kedua ...

Abarth 500 ditargetkan terjual 100 unit tahun ini

PT Genta Surya Otomotif (GSO), selaku penjual dan penyedia layanan after sales ...