Must Read

Rabu, 10/02/2016

Pick up Tata Ace bermesin diesel 700cc

Sabtu, 6 Juli 2013 11:43 WIB | 32.067 Views
Pick up Tata Ace bermesin diesel 700cc
Mumbai (ANTARA News) - Kendaraan bak terbuka atau pick up kecil di Indonesia biasanya bermesin bensin, tapi di India kendaraan serupa lebih banyak menggunakan diesel, salah satunya adalah Tata Ace.

"Mesin diesel 700 cc Tata Ace daya angkutnya 750 kg, tapi di India banyak yang membawa beban hingga 1 ton," kata Biswadev Sengupta dari Tata Motors Indonesia.

Biswadev kepada sejumlah wartawan Indonesia di pabrik Tata di Pune, tiga jam perjalanan dari New Delhi, menerangkan Ace telah terjual lebih dari satu juta unit di India.

Menurut dia, Tata Ace ditujukan sebagai mengganti sepeda motor tiga roda yang biasa mengangkut beban ringan di India. Karena itu, harga Tata Ace tak terpaut jauh dengan sepeda motor angkut roda tiga.

Di India, lanjutnya, mesin diesel lebih berkembang karena pemerintah mensubsidi harga solar. "Kami yakin bisa masuk ke Indonesia karena harga solar di Indonesia juga disubsidi dan belum ada pick up bermesin diesel dengan 700 cc di pasar Indonesia," kata Biswadev.

Hal penting dari kendaraan angkut, menurutnya adalah mudah dan murah dalam perawatan. "Angka penjualan satu juta unit tentu membuktikan kendaraan ini memenuhi keinginan pembeli," kata Biswadev.

Mesin Tata Ace menghasilkan 16 tenaga kuda pada 3.200 rpm dan torsi 37 N.m pada torsi 2.000 rpm. Persneling manual 4 kecepatan dengan top speed 60km/jam.

Dia mengakui mesin 700cc diesel akan sulit jika ditambah air conditioner (AC). Tata Ace menggunakan kaca putar di jendela samping serta kaca geser di jendela belakang.

"Mesinnya tak bisa dikontak jika kopling tidak diinjak. Ini fitur safety yang jarang untuk pick up," kata Biswadev.

Kelebihan lain dari Tata Ace adalah hadir dengan cat metalik.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2013

Galeri Foto Terkait
Agen tunggal pemegang merek kendaraan Suzuki di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales, menargetkan aktivitas penjualan mereka pada 2016 bisa meraup 12,5 persen pangsa pasar ...
» Selanjutnya
Perilaku untuk menjaga kelestarian lingkungan rupanya memang tak terbersit di benak pengguna kendaraan bermotor di Indonesia.Hal itu diungkapkan Pemasaran Bahan Bakar Minyak ...
» Selanjutnya
Kenalkan rombakan Volkswagen Kombi ini.  Pernah menjadi favorit hippie, minivan ini bertransformasi menjadi kendaraan listrik masa depan yang terkoneksi.BUDD-e, disingkapkan ...
» Selanjutnya
Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, meminta penyelenggara pameran otomotif Gaikindo ...
» Selanjutnya
Baca Juga
Back to top