Must Read

Selasa, 21/10/2014

Multistrada produksi 10 juta ban pada 2012

Kamis, 7 Februari 2013 18:00 WIB | 7.287 Views
Multistrada produksi 10 juta ban pada 2012
Penjaga stan PT Multistrada Arah Sarana Tbk produsen ban nasional merek Achilles, Corsa dan Strada, melayani calon pembeli di stan PT Multistrada pada pameran Indonesia International Motor Show, di Jakarta, Kamis (27/9/12). (FOTO ANTARA/Audy Alwi)
Jakarta (ANTARA News) - Produsen ban merk Achilles, Corsa, dan Strada, PT Multistrada Arah Sarana Tbk telah memproduksi 10 juta ban pada 2012.

"Pada 2012 kami mencapai produksi 10 juta ban mobil dan enam juta ban motor, jauh berbeda dengan pada 2004 yang memproduksi 1,4 juta ban mobil," kata Kepala Pemasaran dan Pengembangan Bisnis PT Multistrada Arah Sarana (MASA) Edward Mamahit saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Dalam sehari pada 2012, MASA memproduksi rata-rata 30 ribu ban mobil dan 16 ribu ban motor.

Sementara pada tahun sebelumnya, 2011, MASA telah menghasilkan 7,9 juta ban mobil dan 5,3 juta ban motor.

Sebagian besar ban mobil buatan MASA, sekitar 83 persen, dijual ke luar negeri (ekspor) dan hanya 17 persen yang dipasarkan di dalam negeri.

Namun sebaliknya untuk ban motor, sekitar 98 persen diserap oleh pasar domestik, dan hanya 2 persen saya yang diekspor.

"Untuk ban motor porsi penjualan domestik sangat besar karena kami tahu pangsa pasar motor di dalam negeri yang tinggi," katanya.

Dengan kualitas produksi yang baik dimana 60 persen bahan baku ban berasal dari dalam negeri, saat ini produknya sudah bisa menembus pangsa pasar negara-negara yang memerlukan sertifikasi.

Edward mengatakan saat ini ban produksi PT MASA telah menembus 89 negara dengan lima negara sebagai pasar terbesarnya yakni Amerika Serikat, Australia, Afrika Selatan, Jepang dan Jerman.

"Awal produksi hanya untuk dalam negeri, namun sekarang sudah menembus 89 negara," katanya.

Pihaknya menyatakan pada 2013 dan 2014 akan berfokus pada upaya penetrasi ke Amerika Latin, Afrika dan Eropa Timur.

(*)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2013

Salah satu bisnis Nokia, HERE, memamerkan desain dashboard mobil futuristik di pameran Mondial, Paris, yang diklaim sebagai inovasi terbesar dalam industri otomotif.Sebuah ...
» Selanjutnya
Sepeda motor bahan bakar gas (BBG) yang dikembangkan peneliti Universitas Surya, Serpong Tangerang Banten diklaim pembuatnya aman."Selama proses penelitian bertahun-tahun, kami ...
» Selanjutnya
Pereli nasional Rifat Sungkar tengah merintis program barunya guna memunculkan juara baru di arena balap Indonesia.Perkembangan dunia otomotif di Indonesia yang begitu lambat ...
» Selanjutnya
Perusahaan otomotif asal India, Tata Motors, menampilkan mobil konsep compact Sport Utility Vechicle (SUV) Nexon selama IIMS 2014 di Jakarta."Nexon merupakan compact SUV yang ...
» Selanjutnya
Baca Juga
Back to top