Must Read

Jumat, 19/09/2014

Kota Batam wacanakan pembatasan mobil

Sabtu, 9 Juni 2012 10:05 WIB | 8.152 Views
Kota Batam wacanakan pembatasan mobil
ilustrasi kemacetan lalu-lintas (ANTARA/M Agung Rajasa)
Batam (ANTARA News) - Kota Batam mewacanakan pembatasan  kendaraan bermotor karena timpangnya rasio panjang jalan dengan jumlah kendaraan.

"Badan Pengusahaan Batam selaku pihak yang berwenang memberi izin impor mobil dan Dinas Perhubungan Kota Batam menyatakan jumlah kendaraan di Batam sudah terlalu banyak," kata Wali Kota Batam Ahmad Dahlan akhir pekan ini.

"Kami akan mencari cara yang memungkinkan agar jumlah mobil di Batam bisa dibatasi. Batam merupakan pulau kecil, jika tidak dilakukan pembatasan akan menimbulkan masalah baru," kata Dahlan.

Selain mobil, kata Dahlan, jumlah sepeda motor di Batam juga terlalu banyak sehingga turut menyumbang kemacetan yang mulai dirasakan setiap hari.

"Kami akan membentuk tim, untuk melakukan pengkajian lebih lanjut. Termasuk melibatkan Samsat serta Bea dan Cukai untuk mengetahui jumlah mobil dan motor untuk menentukan rasio kendaraan yang boleh berada di Batam," Kata dia.

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana, Badan Pengusahaan (BP) Batam, I Wayan Subawa yang menangani impor mobil ke Batam mengatakan sejak 2010 hingga Mei 2012 jumlah mobil luar negeri yang masuk ke Batam mencapai 1.249 unit.

"Sejak diperbolehkan mobil impor masuk ke Batam pada 2010, tercatat 1.249 unit mobil berbagai jenis masuk ke Batam," kata dia.
(KR-LNO)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Selain meluncurkan MPV Delica, Mitsubishi juga unjuk mobil Concept AR pada hari pertama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis.Nama AR ...
» Selanjutnya
Produsen keamanan kendaraan, No Doubt, memamerkan sistem No Doubt Smart Control versi terbaru yang dipasangnya di sebuah supercar Lamborghini di ajang IIMS 2014 di JIExpo ...
» Selanjutnya
Distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, berharap pangsa pasar city car-nya di Depok dan Jakarta Selatan naik menjadi 14 persen ...
» Selanjutnya
Itron bekerja sama dengan PLN mengembangkan stasiun pengisian listrik yang kedepannya akan menjadi energi alternatif yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan."Kedepannya energi ...
» Selanjutnya
Baca Juga
Back to top