Must Read

Jumat, 24/10/2014

Kota Batam wacanakan pembatasan mobil

Sabtu, 9 Juni 2012 10:05 WIB | 8.452 Views
Kota Batam wacanakan pembatasan mobil
ilustrasi kemacetan lalu-lintas (ANTARA/M Agung Rajasa)
Batam (ANTARA News) - Kota Batam mewacanakan pembatasan  kendaraan bermotor karena timpangnya rasio panjang jalan dengan jumlah kendaraan.

"Badan Pengusahaan Batam selaku pihak yang berwenang memberi izin impor mobil dan Dinas Perhubungan Kota Batam menyatakan jumlah kendaraan di Batam sudah terlalu banyak," kata Wali Kota Batam Ahmad Dahlan akhir pekan ini.

"Kami akan mencari cara yang memungkinkan agar jumlah mobil di Batam bisa dibatasi. Batam merupakan pulau kecil, jika tidak dilakukan pembatasan akan menimbulkan masalah baru," kata Dahlan.

Selain mobil, kata Dahlan, jumlah sepeda motor di Batam juga terlalu banyak sehingga turut menyumbang kemacetan yang mulai dirasakan setiap hari.

"Kami akan membentuk tim, untuk melakukan pengkajian lebih lanjut. Termasuk melibatkan Samsat serta Bea dan Cukai untuk mengetahui jumlah mobil dan motor untuk menentukan rasio kendaraan yang boleh berada di Batam," Kata dia.

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana, Badan Pengusahaan (BP) Batam, I Wayan Subawa yang menangani impor mobil ke Batam mengatakan sejak 2010 hingga Mei 2012 jumlah mobil luar negeri yang masuk ke Batam mencapai 1.249 unit.

"Sejak diperbolehkan mobil impor masuk ke Batam pada 2010, tercatat 1.249 unit mobil berbagai jenis masuk ke Batam," kata dia.
(KR-LNO)

COPYRIGHT © 2012

PT Astra Honda Motor (AHM) menyabet tiga penghargaan dalam ajang Penghargaan Anak Muda, Perempuan dan Pengguna Internet (YWN) Award 2014.Honda mendapatkan penghargaan bergengsi ...
» Selanjutnya
Importir resmi Porsche di Indonesia PT Eurokars Artha Utama mengadakan Porsche Sport Driving School bagi para pengguna mobil tersebut."Porsche merupakan kendaraan sport, bukan ...
» Selanjutnya
Sepeda motor bahan bakar gas (BBG) yang dikembangkan peneliti Universitas Surya, Serpong Tangerang Banten diklaim pembuatnya aman."Selama proses penelitian bertahun-tahun, kami ...
» Selanjutnya
Mengganti warna kendaraan pun bisa dilakukan dengan sejumlah cara, seperti melabur dengan cat, menggunakan teknik airbrush, hingga menempelkan sticker ke bodi kendaraan.Kini ada ...
» Selanjutnya
Baca Juga
Back to top