Must Read

Sabtu, 13/02/2016

Kota Batam wacanakan pembatasan mobil

Sabtu, 9 Juni 2012 10:05 WIB | 11.591 Views
Kota Batam wacanakan pembatasan mobil
ilustrasi kemacetan lalu-lintas (ANTARA/M Agung Rajasa)
Batam (ANTARA News) - Kota Batam mewacanakan pembatasan  kendaraan bermotor karena timpangnya rasio panjang jalan dengan jumlah kendaraan.

"Badan Pengusahaan Batam selaku pihak yang berwenang memberi izin impor mobil dan Dinas Perhubungan Kota Batam menyatakan jumlah kendaraan di Batam sudah terlalu banyak," kata Wali Kota Batam Ahmad Dahlan akhir pekan ini.

"Kami akan mencari cara yang memungkinkan agar jumlah mobil di Batam bisa dibatasi. Batam merupakan pulau kecil, jika tidak dilakukan pembatasan akan menimbulkan masalah baru," kata Dahlan.

Selain mobil, kata Dahlan, jumlah sepeda motor di Batam juga terlalu banyak sehingga turut menyumbang kemacetan yang mulai dirasakan setiap hari.

"Kami akan membentuk tim, untuk melakukan pengkajian lebih lanjut. Termasuk melibatkan Samsat serta Bea dan Cukai untuk mengetahui jumlah mobil dan motor untuk menentukan rasio kendaraan yang boleh berada di Batam," Kata dia.

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana, Badan Pengusahaan (BP) Batam, I Wayan Subawa yang menangani impor mobil ke Batam mengatakan sejak 2010 hingga Mei 2012 jumlah mobil luar negeri yang masuk ke Batam mencapai 1.249 unit.

"Sejak diperbolehkan mobil impor masuk ke Batam pada 2010, tercatat 1.249 unit mobil berbagai jenis masuk ke Batam," kata dia.
(KR-LNO)

COPYRIGHT © 2012

Kenalkan rombakan Volkswagen Kombi ini.  Pernah menjadi favorit hippie, minivan ini bertransformasi menjadi kendaraan listrik masa depan yang terkoneksi.BUDD-e, disingkapkan ...
» Selanjutnya
Perilaku untuk menjaga kelestarian lingkungan rupanya memang tak terbersit di benak pengguna kendaraan bermotor di Indonesia.Hal itu diungkapkan Pemasaran Bahan Bakar Minyak ...
» Selanjutnya
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, telah membuka satu lagi dealer resmi kendaraan penumpang di Kota Palembang, ...
» Selanjutnya
Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, meminta penyelenggara pameran otomotif Gaikindo ...
» Selanjutnya
Baca Juga
Back to top