Must Read

Sabtu, 01/08/2015

ATV Lebih Mematikan Ketimbang Motor

Kamis, 7 Oktober 2010 11:57 WIB | 1.689 Views
ATV Lebih Mematikan Ketimbang Motor
Washinton (ANTARA News) - Kendaraan roda empat "all terrain vehicles" --yang disingkat jadi ATV-- lebih mungkin untuk membunuh pengemudinya dibandingkan dengan motor "off-road", kata beberapa peneliti Rabu, di dalam studi yang mereka sebut mengejutkan.

Sebanyak 50 persen dari semua korban kecelakaan ATV lebih mungkin untuk menemui ajal dibandingkan dengan orang yang cedera karena kecelakaan di dalam arena Motocross atau kecelakaan lain sepeda motor "off-road", kata mereka dalam satu pertemuan.

"Ada kepercayaan bahwa kendaraan roda empat harusnya lebih aman daripada kendaraan roda dua," kata Cassandra Villegas dari John Hopkins University di Baltimore , AS di dalam satu pernyataan seperti dilaporkan Reuters.

"Tapi kami mendapat keadaan yang bertolak-belakang. Orang yang terlibat dalam kecelakaan ATV lebih mungkin untuk meninggal atau menderita trauma serius," katanya.

Villegas dan Dr. Adil Haider mengkaji 60.000 pasien yang cedera dalam kecelakaan ATV atau sepeda trail antara tahun 2002 dan 2006 untuk studi mereka. Studi tersebut disajikan di dalam satu pertemuan American College of Surgeons di Washington.

Pengendara ATV menghadapi kemungkinan 55 persen untuk berakhir di ruang perawatan intensif, kata mereka.

ATV adalah kendaraan sepeda motor yang lebih besar dan lebih berat dan dapat menggilas korbannya. Villegas dan Haider mengatakan, helm mungkin menjadi faktor lain --60 persen pengendara motor memakai helm sedangkan 30 orang yang cedera dalam kecelakaan ATV memakai helm.

ATV, yang juga dikenal sebagai "quad, quad bike" dan memiliki tiga atau empat roda, didefinisikan oleh American National Standards Institute (ANSI) sebagai kendaraan yang melaju dengan ban tekanan rendah.

Dengan definisi ANSI saat ini, ATV dimaksudkan untuk digunakan oleh satu pengendara, kendati sebagian perusahaan telah mengembangkan ATV untuk digunakan oleh seorang pengendara dan seorang penumpang.
(C003/B010)

Editor: Bambang

COPYRIGHT © 2010

Perusahaan asal Amerika Serikat, Terrafugia, telah mengungkapkan rincian terbaru tentang mobil terbang TF-X jelang usulan peluncuran pada tahun 2021.Menurut laman Car Advice, ...
» Selanjutnya
Saat induk perusahaan Mercedes Benz, Daimler fokus menyempurnakan truk kendali otomatis bernama Freightliner, BMW mengambil langkah lain dengan menghadirkan truk ramah ...
» Selanjutnya
PT Bridgestone Tire Indonesia mengumumkan bahwa ban merek Bridgestone Turanza ER33 menjadi ban standar HONDA HR-V, model  Crossover Utility Vehicle terbaru yang diluncurkan ...
» Selanjutnya
Jeffrey Polnaja, pria asal Indonesia yang seorang diri menjelajahi dunia dengan mengendarai sepeda motor, akhir pekan lalu, Sabtu, 25 Juli 2015, telah mencapai Timor-Leste, ...
» Selanjutnya
Baca Juga
Back to top