Jakarta (ANTARA News) - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indoneia (Gaikindo) mengaku tengah berusaha merayu induk organisasi industri otomotif dunia, OICA, untuk menggelar konfereni tahunan mereka di Indonesia pada tahun 2017 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi di sela-sela konferensi pers terakhir jelang ajang otomotif akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di Jakarta, Kamis.

"Tahun depan OICA mudah-mudahan mau menyelenggaeakan konferensi tahunan mereka di Indonesia, tahun ini diselenggarakan di Rusia Oktober mendatang," kata Yohannes.

Yohannes mengutarakan Indonesia memiliki modal cukup kuat untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah konferensi tahunan OICA, tercermin dari pengakuan terhadap GIIAS yang dimasukkan ke dalam kalender pameran otomotif kelas dunia, berdiri setara dengan Toyota Motor Show dan Frankfurt Motor Show.

Hal itu tidak lepas dari kondisi pasar otomotif Indonesia yang sudah menyentuh volume penjualan di atas sejuta unit.

Menurut Yohannes berkat itu GIIAS telah menjadi pameran otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara, melampaui Bangkok Motor Show di Thailand.

"Jadi konferensi tahunan OICA di Rusia Oktober besok kami akan datang dan mengundang mereka untuk melihat Indonesia sebagai lokasi konferensi tahunan 2017 nanti," katanya.

Selain memaparkan tentang kondisi industri otomotif Indonesia, Yohannes mengaku akan menunjukkan berbagai potensi lain yang dimiliki Indonesia sebagai nilai tawar agar OICA berkenan menyelenggarakan konferensi tahunan di Indonesia.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016