Karawang, Jawa Barat (ANTARA News) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) pada Senin secara formal meluncurkan produksi massal lini terbaru mereka, All New Sienta, di Pabrik II Karawang.

Peluncuran tersebut selain dihadiri jajaran pimpinan TMMIN juga turut disaksikan oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, serta Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

Sienta yang diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show April 2016 lalu menjadi model keenam yang diproduksi lokal oleh TMMIN di Indonesia setelah Kijang Innova, Fortuner, Etios Valco, Vios dan Yaris.

Indonesia menjadi negara pertama di luar Jepang yang dipercaya menjadi basis produksi Sienta, yang generasi pertamanya diperkenalkan untuk pasar Jepang pada 2003 silam.

"Hari ini kami merayakan babak baru yang menggembirakan bagi Toyota di Indonesia, yakni dimulainya produksi massal Sienta," kata Presiden Direktur TMMIN Masahiro Nonami.

"Kami sangat bangga bisa memproduksi banyak model di Indonesia yang memiliki fasilitas pabrik terintegrasi," ujarnya menambahkan.

Sementara itu Menteri Perindustrian Saleh Husin menyambut baik berjalannya produksi massal All New Sienta di Indonesia.

"Perkenankan saya atas nama pemerintah mengucapkan selamat atas produksi massal All New Sienta dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak terkait di Toyota untuk terus menanamkan modal di Indonesia," kata Saleh sembari menambahkan harapannya agar Toyota bisa menjadikan Indonesia sebagai basis produksi.

Secara keseluruhan modal yang dikucurkan Toyota mencapai senilai Rp2,5 triliun agar Sienta bisa diproduksi di Indonesia, model yang ditargetkan berproduksi 4.000 unit per bulan tersebut.

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016