Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan pembiayaan Astra Credit Companies (ACC) telah mencairkan pembiayaan senilai Rp13,2 triliun selama semester I 2016.

Angka tersebut melampaui 50 persen dari target pembiayaan ACC selama 2016 sebesar Rp25 triliun atau meningkat sekira 10 persen dibandingkan kisaran Rp22 triliun pada 2015 lalu.

"Harapannya di semester II 2016 kami bisa mencairkan pembiayaan sekurang-kurangnya Rp12 triliun agar target pertumbuhan 10 persen bisa tercapai," kata Deputy Chief Sales Officer ACC Ezar Kumendong disela pengenalan empat fitur teranyar aplikasi mobile ACC Yes! di Jakarta, Jumat.

Secara terperinci ACC melayani sedikitnya 15.000 pengajuan pembiayaan per bulan atau mencapai lebih dari 90.000 pengajuan pembiayaan pada periode Januari-Juni 2016.

Ezar mengaku pihaknya cenderung realistis menyongsong semester II, mengingat aktivitas bisnis di paruh kedua 2016 tersebut sudah terkoreksi dua minggu oleh libur Idul Fitri 1437 H.

Guna mencapai target aktivitas pembiayaan Chief Risk & IT Officer ACC Handoko Liem menyatakan pihaknya akan terus melakukan penetrasi beriringan dari segi layanan digital melalui aplikasi ACC Yes! serta pendekatan kehadiran kantor cabang fisik di beberapa daerah pelosok.

"Sebab jika terlalu berkonsentrasi melalui pendekatan digital di beberapa wilayah yang cukup pelosok daerah tingkat kedua dan ketiga masih belum bisa optimal, karenanya harus ada penetrasi cabang fisik," katanya.

ACC yang hingga saat ini telah memiliki 73 kantor cabang di 59 kota di Indonesia, berencana menabah lima kantor cabang sebelum akhir 2016.

Hanya saja sejauh ini baru dua titik yang disetujui yakni di Pondok Cabe, Tangerang Selatan dan Harapan Indah, Bekasi, sementara tiga titik lain di kawasan Jawa Tengah dan Timur masih di tahap perencanaan.

Sementara itu, ACC Yes! yang telah diluncurkan sejak Februari 2016 lalu turut berkontribusi positif bagi aktivitas pembiayaan ACC, mengingat aplikasi yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS tersebut sudah memiliki 20.000 pengguna dan menyumbangkan 900 pengajuan pembiayaan dengan nilai Rp38 miliar hingga Juni 2016.

Pihak ACC baru saja menambahkan empat fitur baru demi meningkatkan kemudahan pelayanan bagi pelanggan yakni Online Payment versi 2, FastPass Services, Credit Package dan Budget Simulation.

Retail Operation Support & Development Division Head ACC Devy Santoso Jayadi mengaku berharap kehadiran empat fitur baru tersebut dapat melipat gandakan jumlah pengguna aplikasi tersebut.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016