Jakarta (ANTARA News) - Industri Kecil Menengah (IKM) yang bergerak dibidang komponen otomotif mulai merambah bisnis lain, karena semakin sempitnya pasar di dalam negeri.

"Mereka mulai membuat peredam dari kain perca untuk bantalan di dalam mobil," ujar Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Euis Saedah di Jakarta, Kamis.

Selain untuk kendaraan, lanjut Euis, peredam tersebut kerap digunakan oleh industri perhotelan untuk meredam suara yang masuk ke dalam kamar hotel.

Euis mengatakan, IKM komponen otomotif yang tergabung dalam Perkumpulan IKM Komponen Otomotif Indonesia (PIKKO) menyadari bahwa saat ini mereka perlu diversifikasi produk untuk dapat bertahannya.

Menurut Euis, IKM komponen otomotif yang sebelumnya mengolah berbagai komponen dari logam, kini mulai meninggalkannya, karena bahan baku yang masih banyak diimpor dan mahal, mengingat jumlah yang dibeli bukan dalam jumlah besar.

Dalam hal ini, Euis mengapresiasi para pelaku IKM, karena selalu berinovasi untuk menciptakan berbagai produk baru dan menguntungkan.

"IKM komponen itu jam punya mesin, nah mesinnya itu bisa digunakan untuk berbagai macam produk. Karena IKM bersifat sangat fleksibel, makanya mereka bisa seketika memproduksi produk lainnya," ungkapnya.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016