Medan (ANTARA News) - Sebanyak empat mobil buatan mahasiswa dari sejumlah universitas di Indonesia ikut meramaikan Pameran Otomotif Medan (POM) 2016 yang diselenggarakan pada 25-29 Mei 2016 di Santika Dyandra Convention, Medan, Sumatera Utara.

Mobil-mobil buatan mahasiswa memang sengaja dipamerkan pihak penyelenggara guna menyajikan pameran otomotif yang bernuansa edukasi sekaligus menghibur pengunjung.

Tiga dari empat mobil buatan mahasiswa berasal dari Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Teknologi Medan (ITM), dan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Harapan Medan. Sementara satu peserta lagi berasal dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Hendra Noor Saleh selaku Direktur Pemasaran Dyandra Promosindo mengatakan pihaknya memang menyiapkan acara yang berbeda pada Pameran Otomotif Medan. Selain menampilkan mobil dari agen pemegang merk (APM), berbagai giat edukasi dan hiburan juga ikut digelar.

"Yang jelas berbeda dari sebelumnya adalah edukasi lewat kompetisi audio, Indonesia Builder yang mengedukasi pengguna sukucadang lokal maupun luar, dan tentunya mobil karya mahasiswa," kata Hendra Noor Saleh di Medan, Rabu.

"Soal karya mahasiswa, memangnya kita mau jadi market terus-terusan? Jika suatu saat mereka bekerja di industri mapan atau menciptakan industri baru, mereka adalah masa depan, biarlah berproses, kami siapkan panggung," jelas Hendra.

Sementara itu, mahasiswa STT Harapan Medan yang memamerkan mobil buatan empat roda bermesin motor enam percepatan bermodel kereta kencana bernama "Klasik" mengatakan keterlibatan mahasiswa di pameran otomotif akan membuka kesempatan bertukar informasi dan pengetahun teknik otomotif antar sesama peserta.

"Sejauh ini kami hanya tampil di Sumatera Utara, harapannya bisa ikut di banyak pameran dan bertemu sesama perancang kendaraan seperti ini," kata Fadhil.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016