Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan asal Inggris Rolls-Royce membentuk program khusus untuk mengembangkan infrastruktur pendidikan tinggi Indonesia bertajuk International Learning Experience Programme.

Produsen mesin pesawat itu, bekerja sama dengan Newton Fund dan British Council Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sejak September 2015.

Program sepuluh hari tersebut dilaksanakan untuk tiga tahun pertama di Ashridge Business School di Inggris. Kelompok pertama yang telah menjalankan program tersebut terdiri dari sepuluh delegasi termasuk dekan dan peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Gajah Mada (UGM), dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

"Indonesia mempunyai populasi demografi pemuda Indonesia yang berpotensi. Jika kita dukung kualitas pendidikan mereka maka itu tidak hanya bagus bagi Indonesia tetapi secara global," kata Presiden Direktur PT Rolls-Royce Indonesia Adrian Short, di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa pengembangan infrastruktur pendidikan tinggi dapat membantu percepatan pembangunan di Indonesia. Menurutnya, pada tahun 2020 diprediksi industri manufaktur akan berkembang bagus sehingga Indonesia yang memiliki generasi muda harus bisa memberikan kontribusi.

"Indonesia mempunyai potensi untuk beralih dari ekonomi berbasis manufaktur tradisional menjadi manufaktur bernilai tinggi. Indonesia dapat mengambil bagian dalam rantai pasokan global, dengan melakukan investasi bagi para pemimpin pendidikan yang dapat menjalankan perannya dalam mendorong perubahan," jelas Short.

"Dengan 50 tahun pengalaman di pasar Indonesia, kami berkomitmen untuk melakukan investasi dan mendukung program pendidikan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan dikalangan generasi muda Indonesia," tambahnya.

Program International Learning Experience Programme didesain khusus untuk para pemimpin bidang pendidikan dari universitas-universitas di Indonesia yang mempunyai fakultas sains dan teknologi terbaik dan memberikan wawasan tentang bagaimana membangun lewat prestasi dalam bidang sains dan teknologi yang sudah ada untuk menjadi universitas kelas dunia.

Delegasi memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan para ahli pendidikan tinggi global Inggris mengenai tantangan dan mendapatkan wawasan dari universitas terkemuka di Inggris melalui studi kasus, diskusi, dan kunjungan. salah satunya adalah Nottingham University yang telah bekerja sama dengan Rolls-Royce di bidang riset teknologi manufaktur sejak 1999.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016