Jakarta (ANTARA News) - Produksi mobil off road bergaya retro Toyota FJ Cruiser akan berhenti pada Agustus mendatang setelah diproduksi selama satu dekade.

Laman Car Scoop, Jumat, menyebutkan bahwa pengumuman ini telah resmi dan muncul hampir tiga tahun setelah dihentikan di Amerika Serikat akibat rendahnya penjualan.

"FJ terbenam sebagai kendaraan yang terkenal karena kemampuannya melintasi jalan pedalaman yang berat dan menawarkan berbagai utilitias untuk semua kegiatan, serta cocok untuk berkendara sehari-hari," kata Executive Director of Sales and Marketing Toyota Australia, Tony Cramb.

"Mobil ini akan meninggalkan kenangan abadi sebagai salah satu kendaraan paling ikonik dalam sejarah Toyota," kata dia.

Sebagai bentuk pendek dari platform Land Cruiser Prado, konsep FJ Cruiser pertama kali terlihat pada ajang NAIAS 2003, yang kemudian versi produksinya meluncur dua tahun kemudian.

Di pasar Australia, mobil ini dijual dengan harga mulai dari 46.990 dolar Australia. FJ Cruiser ditenagai mesin bensin 4.0 liter V6 yang menghasilkan 268 tenaga kuda dan torsi 280 lb-ft, yang terhubung dengan transisi otomatis lima kecepatan.

Penerjemah: Try Reza Essra
Copyright © ANTARA 2016