Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah produk BMW yang dipasarkan di Indonesia merupakan rakitan lokal yang dikerjakan di Production Network 2, Gaya Motor, Jakarta.

Kendaraan BMW yang sudah dirakit di Indonesia antara lain BMW X3, BMW X5, BMW seri 3, BMW seri 5, BMW X1, dan yang teranyar all-new BMW X1. Sejak tahun 2011 BMW Group Indonesia terus menambah aktivitas produksinya di Indonesia.

"Kami sangat puas dengan kemitraan bersama Gaya Motor, dengan mengaplikasikan standar tinggi pada proses, kontrol kualitas, dan tingkat keselamatan pekerja. Hal ini memastikan seluruh kendaraan BMW yang di rakit di Indonesia memiliki standar tinggi khas kendaraan  premium yang berkualitas tinggi sesuai dengan ekspektasi pelanggan kami di Indonesia," kata President Director BMW Group Indonesia Karen Lim terkait proses perakitan BMW di Indonesia. 

Di Production Network 2, Gaya Motor, Gaya Motor merakit hingga 12 unit kendaraan BMW perhari selama delapan jam yang dikerjakan oleh sekitar 90 pekerja terlatih. Bodi kendaraan dikirim langsung dari pabrik Jerman, kecuali untuk seri BMW X3 dan BMW X5, bodi diimpor dari Amerika Serikat.

"Pekerja telah lolos kualifikasi tertentu dari BMW serta telah menjalani pelatihan untuk tipe-tipe tertentu di Jerman," ujar Presiden Direktur PT Gaya Motor Ary Mariano, saat kunjungan ke Pabrik Gaya Motor.

Ia mengungkapkan untuk satu produk BMW dirakit dalam kurun waktu sekitar 2,7 hari. Terdapat 37 pos untuk perakitan kendaraan BMW. 

"Setiap pos kira-kira membutuhkan waktu untuk merakit maksimal 36 menit sehingga untuk menjadi satu produk diperlukan waktu sekitar 2,7 hari," jelas Ary.

Head of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania enggan mengungkapkan berapa persen kandungan lokal yang tersemat pada kendaraan BMW yang dirakit lokal.

"Tidak bisa diungkapkan tapi ada beberapa komponen," ujarnya.

Ia menambahkan seri BMW yang dirakit di Indonesia merupakan model yang paling banyak dinikmati konsumen Indonesia.

"Dari segi penyerapan di Indonesia sudah cukup baik dari kelima model itu. Terutama sedan seri 3 itu merupakan kendaran BMW dengan penjualan yang paling tinggi di Indonesia," ungkap Jodie.

Jumlah unit yang berhasil dipasarkan untuk BMW seri 5 telah mencapai 2.247 unit sejak pertama diluncurkan pada Desember 2011, sedangkan seri 3 mencapai 3.737 unit sejak Oktober 2012 sampai dengan akhir Maret 2016.

Untuk BMW X5 tercatat 439 unit sejak Agustus 2014 439. Kemudian X3 mencapai 742 unit sejak Mei 2012, sedangkan BMW X1 generasi pertama tercatat 1.397 dari oktober 2011. 


M047

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016