Denpasar, Bali (ANTARA News) - Salah satu aspek yang membuat All New Pajero Sport berbeda tampilannya dibandingkan generasi lamanya ialah lampu belakang yang mengusung desain yang belum biasa disaksikan di banyak jenis mobil SUV, yakni memanjang ke bawah.

Kepala Grup Penjualan MMC PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors selaku penyalur resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, Imam Choeru Cahya, mengakui bahwa lampu belakang yang disematkan ke All New Pajero Sport sebagai sesuatu yang unik dan khas.

"Lampu belakang yang memanjang ke bawah ini menjadi salah satu keunikan yang memang membuat orang segera mengenali mobil yang ada di depan mereka adalah All New Pajero Sport," kata Imam di sela-sela gelaran "Dewata Explore with the All New Pajero Sport" di Bali, Rabu.

Hal itu diakui pula oleh pereli nasional sekaligus brand ambassador Mitsubishi di Indonesia, Rifat Sungkar.

Menurut Rifat, selain unik desain lampu belakang tersebut rupanya memiliki manfaat yang secara spesifik membantu pengendara lain dalam mengemudi di malam hari.

"Kalau soal selera tentu subyektif maka wajar soal suka dan tidak suka, tetapi saya lebih melihatnya ke arah keamanan berkendara," kata Rifat.

Desain lampu yang memanjang ke bawah biasanya dipakai untuk mobil-mobil jenis bus maupun truk yang ukurannya besar dan itu membantu pengendara lain mengidentifikasi besaran kendaraan yang berada di depannya bahkan dari jarak yang cukup jauh.

"Sekarang rata-rata SUV itu lampunya sebesar apapun tetap di atas bukan di bawah. Upaya peningkatan keamanan berkendara sejauh ini untuk lampu depan sudah digunakan Daytime Running Light, tetapi untuk mengidentifikasi ukuran mobil dari belakang di SUV belum ada sejauh ini," katanya.

"Jadi mungkin sekarang Mitsubishi memperkenalkan desain lampu belakang yang memanjang ke bawah itu supaya sejak dari jarak jauh kita sebagai pengendara lain bisa mengenali bahwa mobil yang jaraknya didekati itu berukuran besar," pungkas Rifat.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016