Jakarta (ANTARA News) - BMW Group Indonesia memperkenalkan  all-new BMW X1, kendaraan kompak sport yang dirakit di dalam negeri khusus untuk pasar Indonesia.

"Kendaraan ini hadir dengan karakter yang tak hanya lebih sporty dan tegas, namun juga sangat nyaman, dengan ruang yang lebih luas, kualitas premium pada setiap detailnya dan fitur-fitur perlengkapan berkelas," kata President Director BMW Group Indonesia Karen Lim, saat acara peluncuran di Jakarta, Rabu.

Lebih kokoh

"Model yang lebih tinggi mendukung all new X1 ini menghadapi berbagai medan," kata Peoduct Planning Manager Tami Notohutomo.

Dengan panjang 4.439 milimeter, lebar 1.821 milimiter, dan tinggi 1.598 milimeter, proporsi model the all-new BMW X1 ini tetap sesuai dengan konsep Sports Activity Vehicle kompak. Kendaraan terbaru ini telah berkembang khususnya dalam hal tinggi (bertambah hingga 53 milimeter) jika dibandingkan dengan pendahulunya, untuk menciptakan ruang yang lebih lapang di bagian interior. 

Layaknya desain body depan, apron belakang memiliki ground clearance yang secara signifikan lebih tinggi.  Dengan pilihan lampu full-LED di bagian belakang, dua baris lampu berbentuk L akan menghasilkan cahaya. 

Bentuknya yang pipih dan panjang menekankan lebar bagian belakang body, dipadu dengan desain aeroblade vertikal berwarna hitam yang terintegrasi dengan roof spoiler, memberikan kesan sporty. 

Dua varian

All-new BMW X1 hadir dalam dua varian, BMW X1 sDrive18i dan BMW X1 sDrive18i xLine. Bagian eksterior dari varian xLine dilengkapi BMW kidney grille dengan kisi-kisi yang terbuat dari aluminium pada bagian depan.

Karakter kokoh khas varian xLine juga diperkuat dengan adanya aksen silver di bagian saluran udara, side skirts dan bagian pelindung underbody.

Trim interior terdiri dari paduan material kain dan kulit dalam warna Granite Brown/Black dengan aksen hitam dan dashboard high-gloss berwarna hitam dengan aksen Pearl Gloss Chrome.

Sementara itu tersedia 12 pilihan warna, yaitu Mineral Grey, Black Saphire, Mediteranian Blue, Mineral White, Glacier Silver, Atlantic Grey, Chesnut Bronze, Alpine White, Black, Platinum Silver, Sparkling Brown, dan Sparkling Storm. 


Mesin baru

The all-new BMW X1 sDrive18i menggunakan mesin dan teknologi sasis terbaru untuk secara sistematis membangun kepemimpinan model BMW X kompak tersebut sebagai pelopor fleksibilitas dalam segmennya. 

Kedua model memiliki exhaust system dengan desain twin-tailpipe yang menekankan lebih jauh karakter sporty the all-new BMW X1. Model ini dilengkapi dengan mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1,5 liter yang menghasilkan tenaga maksimum hingga 136 hp pada 4.400 rpm dan torsi maksimum hingga 220 Nm pada putaran 1.250 rpm.

The all-new BMW X1 dapat melaju 0-100 km/jam dalam waktu 9,7 detik dan memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata 18.9 km/l serta emisi CO2 124 g/km [sesuai dengan siklus tes rata-rata EU].

"Dengan mesin dan teknologi terbaru, kendaraan ini lebih efisien dalam penggunaan bahan bakarnya," tambah Tami.

Teknologi sasis dari X1 telah dikembangkan secara menyeluruh untuk model terbaru ini dan kini telah menggunakan suspensi single-joint strut di bagian depan dan multi-link axle di bagian belakang. 

Aluminium swivel bearings, axle carriers dan control arms yang terbuat dari baja berkekuatan tinggi, mengurangi berat dan meningkatkan kekakuan as roda depan, sehingga memberikan respon belokan yang tangkas dan ketepatan saat merubah jalur. As roda belakang juga menggunakan material yang sama, yaitu baja dengan kekuatan tinggi. 

Kelincahan dan kenyamanan pada the all-new BMW X1 juga didukung perpaduan anti-roll bars berbentuk silinder pada as roda depan dan belakang, pemasangan as roda yang inovatif dan elastokinematics yang secara khusus diselaraskan, serta koneksi suspensi ke body lewat three-way support mounts yang canggih. 

Tombol Driving Experience Control pada konsol tengah memungkinkan pengemudi untuk mengubah karakter berkendara semakin sporty, menjadi lebih nyaman, atau lebih efisien.

Tombol yang mengaktifkan mode COMFORT, SPORT atau ECO PRO akan mengubah respon akselerasi dan juga sensivitas kemudi. Perubahan karakteristik transmisi otomatis dan peredaman suspensi juga berubah sesuai dengan mode yang dipilih. 


Sistem pendinginan mutakhir
 
Pengembangan sistematis juga terlihat dari aerodinamika yang dimiliki the all-new BMW X1. Air flaps pada kidney grille BMW dan saluran udara di bagian bawah apron depan dapat ditutup secara aktif ketika kebutuhan untuk sistem pendinginan sedang rendah, mengurangi tarikan pada bagian depan mobil. 

Air Curtains yang terintegrasi dengan saluran udara menyalurkan aliran udara secara tepat di belakang sisi samping apron depan, membuatnya mengelilingi roda sehingga mengurangi turbulensi. 

The all-new BMW X1 juga memiliki panel underbody yang halus, dengan deflektor udara dan aeroblades vertikal yang terletak di dekat lingkar roda depan yang membentuk sebuah aliran udara ke bagian belakang kendaraan. Dengan drag coefficient 0,29, the all-new BMW X1 sekali lagi menunjukkan kepemimpinannya dalam bidang aerodinamika pada segmen ini.

Interior

Posisi duduk yang lebih tinggi – 36mm di bagian depan dan 64mm dibagian belakang jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, headroom yang lebih luas, ruang yang lega, serta bantalan siku yang tersedia untuk seluruh penumpang the all-new BMW X1 hadir bersama permukaan horizontal pada interior, sehingga meningkatkan ruang dan suasana Sports Activity Vehicle.

Ruang kaki pada baris kedua telah bertambah hingga 66mm melalui kursi belakang yang dapat diatur, dengan kapasitas bagasi 505 liter menunjukkan peningkatan hingga 85 liter dari generasi pertama X1, itupun dapat bertambah hingga 1.550 liter dengan melipat bangku baris kedua yang memiliki konfigurasi 40 : 20 : 40. 

Bangku tersebut juga dapat maju dan mundur sejauh 13mm dengan konfigurasi 60 : 40, meningkatkan pengaturan kenyamanan dan kapasitas penyimpanan sesuai dengan kebutuhan.

Sudut sandaran kursi dapat diatur sesuai keinginan, pun proses melipat bangku baris kedua dapat dilakukan dari belakang melalui sentuhan tombol.

All-new BMW X1 sDrive18i ditawarkan dengan harga Rp. 619 juta off-the-road dan the all-new BMW X1 sDrive18i xLine dibanderol dengan harga Rp. 659 juta off-the-road. 

Oleh
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016