Jakarta (ANTARA News) - Toyota Sienta yang menjadi lini baru andalan Toyota di segmen minivan ternyata memiliki unsur Indonesia yang begitu kental.

Sienta baru diperkenalkan pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Tim Toyota Indonesia dan Toyota Jepang bekerjasama melakukan riset dan survey di Indonesia dan memasukkan unsur-unsur Indonesia ke dalam Toyota Sienta. Mengingat Indonesia merupakan basis kedua produksi Sienta setelah Jepang," kata Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Rouli Sijabat, kepada ANTARA News, Sabtu.

Unsur Indonesia yang kental bisa dilihat pada bagian interior yang mengandung unsur motif tenun.

Tidak hanya itu, desain Sienta yang memikat sebagai segmen model baru jenis Multi Activity Vehicle (MAV) itu melibatkan sentuhan anak bangsa dari Tim Toyota Indonesia. Terdapat sepuluh desainer Indonesia yang turut mengerjakan Sienta selama 1,5 tahun.

"Terinspirasi dari gaya hidup keluarga muda Indonesia, khusus pada tipe Q Tim desainer Toyota Indonesia menggarap desain exteriornya di area aerokit, backdoor garnish, dan front grille. Sehingga tampilannya terlihat lebih stylish, sporty, dan modern," jelas Rouli.

Toyota Sienta memiliki empat grade E, G, V dan Q dengan pilihan dua transmisi manual dan CVT. Harga Sienta grade E MT Rp230 juta, Sienta E CVT Rp245 juta, Sienta G MT Rp245 juta, Sienta G CVT Rp260 juta, Sienta V MT Rp260 juta, Sienta V CVT Rp275 juta. 

Sementara tipe tertinggi Sienta yang hanya tersedia dengan transmisi CVT, Sienta Q CVT, dijual dengan harga Rp295 juta.

Minivan dengan pintu geser itu akan diproduksi menggunakan 80 persen komponen lokal. Selain menggunakan mayoritas komponen lokal, Sienta untuk pertama kalinya diproduksi di luar Jepang yaitu di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia Plant 3 Karawang, Indonesia. 

Sienta juga menjadi mobil Toyota pertama di Indonesia yang menggunakan mesin bermaterial aluminium. Mesin bermaterial aluminium yang akan disematkan di Sienta merupakan produk lokal Indonesia yang juga dibuat di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia Plant 3 Karawang. 

Toyota memberikan tujuh pilihan warna untuk Sienta antara lain Super White, Gray Metallic, Silver Metallic, Black Mica, Orange Metallic, Quartz Brown Metallic dan Dark Brown Mica Metallic. 

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016