Jakarta (ANTARA News) - Toyota Sienta yang baru diperkenalkan pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, segera meluncur di Indonesia pada pertengahan tahun 2016.

Sienta hadir sebagai Multi Activity Vehicle (MAV) dan memberikan pilihan baru bagi masyarakat Indonesia yang dikenal sebagai penggemar Multi Purpose Vehicle (MPV).

Toyota Sienta merupakan pengembangan dari MPV yang di desain khusus untuk keluarga di wilayah perkotaan yang memiliki nilai-nilai modern.

"Filosofi saya adalah menempatkan diri sebagai konsumen. Saya berkunjung ke berbagai Negara untuk menemukan aktivitas-aktivitas yang sedang digemari serta gaya hidup yang baru," kata Chief Engineer Toyota Sienta Hiroshi Kayukawa.

"Melalui riset yang mendalam serta komunikasi langsung dengan konsumen, saya berhasil mengetahui apa yang mereka butuhkan dari sebuah MPV. Hal ini membawa kami dalam pengembangan MPV anyar yang di desain khusus untuk keluarga di wilayah perkotaan yang memiliki nilai-nilai modern," tambahnya.

Menurut Kayukawa, para engineer Toyota Sienta mengusung tema "Urban Trekking Shoes" yang memiliki karakter fungsional namun stylish. 

"Umumnya MPV memiliki tampilan seperti mobil niaga. Namun berbeda dengan Sienta yang merupakan kendaraan yang fun dengan tampilan eksterior yang menyenangkan serta mampu mengakomodir gaya konsumen anyar yang concern terhadap tampilan yang stylish," jelasnya.

Dengan desain anyar tersebut, ia menilai akan menimbulkan gaya hidup yang aktif serta menampilkan desain yang segar. 

"Ini adalah MPV yang sama sekali berbeda yang membangkitkan nilai emosi tinggi dan menjadi yang terdepan di kelasnya," tutur Kayukawa.

Sementara itu, konsep interior mengusung tema "Seamless Functionality", yakni memiliki makna yang premium untuk menghadirkan kenyamanan dan kemewahan. Walau dimensi yang kompak, tiga baris bangku mampu memberikan kenyamanan dalam perjalanan panjang untuk tujuh penumpang.

Sienta juga menghadirkan akses yang mudah bagi penumpang. Dengan pintu geser yang memberikan kemudahan dalam membuka pintu.

"Lantai di baris kedua sangat rata, yang memberikan kenyamanan optimal untuk penumpang dan memberikan akses yang mudah saat masuk maupun keluar kendaraan," kata Kayukawa. 

"Interior pun memberikan fleksibilitas yang tinggi. Bangku dive-down hadirkan lantai bagasi yang rata, bisa membawa berbagai barang yang dihendaki konsumen," tambahnya.

Sienta menggunakan mesin NR yang dikembangkan di Indonesia. Mesin bermaterial aluminium itu merupakan produk lokal Indonesia yang juga dibuat di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia Plant 3 Karawang. 

Toyota Sienta memiliki empat grade E, G, V dan Q dengan pilihan dua transmisi manual dan CVT. Harga Sienta grade E MT Rp230 juta, Sienta E CVT Rp245 juta, Sienta G MT Rp245 juta, Sienta G CVT Rp260 juta, Sienta V MT Rp260 juta, Sienta V CVT Rp275 juta. 

Sementara tipe tertinggi Sienta yang hanya tersedia dengan transmisi CVT, Sienta Q CVT, dijual dengan harga Rp295 juta.

Toyota memberikan tujuh pilihan warna untuk Sienta antara lain Super White, Gray Metallic, Silver Metallic, Black Mica, Orange Metallic, Quartz Brown Metallic dan Dark Brown Mica Metallic. 

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016