Jakarta (ANTARA News) - Kendaraan serbaguna/multi-purpose vehicle (MPV) serta yang lebih gagah Sport Utility Vehicle (SUV) diprediksi masih paling diminati masyarakat Indonesia tahun ini.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) memiliki banyak pilihan produk untuk konsumennya  termasuk produk MPV dan SUV barunya yang seperti Kijang Innova, Fortuner dan yang paling baru, Sienta.

Meskipun demikian, PT Toyota-Astra Motor tetap berupaya menggairahkan kembali mobil sedan.

"Untuk sedan, kami tetap fokus dan menyiapkan produk-produk sesuai kebutuhan pelanggan kami," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu.

"Kami punya sedan andalan yakni Camry, Altis, Vios. Kami juga selalu melakukan penyegaran di area sedan," tambahnya.

Ia mengakui MPV masih menguasai pasar sebesar 36 persen disusul SUV dengan komposisi 20 persen lalu diikuti mobil LCGC (low cost green car)

Sedan mulai ditinggalkan konsumen, katanya karena kondisi jalan di Indonesia. Sedangkan untuk kebutuhan masyarakat, sedan tidak sesuai dengan gaya masyarakat Indonesia yang lebih membutuhkan mobil besar ditambah harganya yang relatif mahal.

"Peminat sedan kecil karena infrastruktur jalanan dan kebutuhan konsumen yang menjadi faktor. Konsumen merasa kebutuhan sudah terpenuhi oleh kebutuhan lainnya," ujar Henry.

"Tetapi tetap semua segmen kami perhatikan, termasuk sedan," tambahnya.

Salah satu pengunjung booth Toyota, Andika dari Bekasi mengaku berniat mencari sedan untuk melengkapi koleksi mobilnya.

"Mobil saya di rumah dua-duanya MPV. Saya berencana membeli Camry karena kalau sedan terasa lebih elegan terutama kalau dipakai di acara-acara undangan seperti kondangan, kalau MPV kan kelihatannya kurang mewah," kata Andika kepada ANTARA News.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016