Jakarta (ANTARA News) - Mobil presiden pertama Indonesia Soekarno bermerek Zavod Imeni Likhacheva (ZIL) keluaran tahun 1958 asal Uni Soviet terpajang di ruang pamer Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia di Indonesia International Motor Shor (IIMS) 2016.

Zavod Imeni Likhacheva seri 111 tahun 1958 adalah limousine yang pernah dipakai Soekarno, namun jarang diketahui masyarakat yang lebih mengenal Bung Karno dengan mobil Lincoln Cosmopolitan, Chrysler Windsor, Chrysler Crown Imperial, dan Cadillac 48.

"ZIL 111 asli pabrikan Rusia, dulunya Uni Soviet memberikannya sebagai hadiah kepada Bung Karno," kata Cecil Silanu, Ketua Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia DKI Jakarta, Sabtu.

"Jarang yang tahu kalau Presiden Soekarno punya mobil Rusia," tambah Cecil.

Jika umumnya mobil klasik direstorasi agar kembali terlihat segar dan mengkilap, namun ZIL 111 dibiarkan seperti aslinya dengan kondisi cat yang terkelupas dan kursi interior yang sudah sobek.

Cecil menjelaskan ZIL 111 disimpan di sebuah galeri. Sebelumnya mobil dengan tiga baris penumpang ini ditemukan tidak terawat.

"Pada masanya, mobil ini tidak dirawat Setneg RI karena dari Uni Soviet, kemudian ada yang membeli dan dijaga hingga sekarang," jelas Cecil.

Di negara asalnya, ZIL bukan cuma tersedia dalam bentuk limosine namun juga dalam bentuk mobil sport bernama ZIL 112 Sports, Bus, Truck dan mobil amphibi.



Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016