Jakarta (ANTARA News) - Toyota mendekatkan diri dengan pelanggan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam melalui peresmian Outlet Dunia Barusa Meulaboh yang akan memberikan layanan penjualan dan purnajual kendaraan Toyota.

Outlet ini menjadi outlet pertama Toyota di wilayah Aceh Barat sehingga Toyota mempunyai tiga outlet resmi di provinsi itu. Dua outlet sebelumnya yaitu Dunia Barusa Lhokseumawe yang berdiri sejak 1984 dan Dunia Barusa Banda Aceh sejak 2008.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, dalam keterangan tertulis, Sabtu, mengatakan tantangan 2016 industri otomotif nasional diperkirakan tak jauh beda dengan 2015. Kompetisi semakin ketat dan ekspektasi konsumen terhadap produk, teknologi, dan layanan, semakin meningkat.

"Untuk itu, menjadi perhatian khusus bagi Toyota untuk selalu berkomitmen memberikan produk dan teknologi yang lebih baik, strategi pemasaran yang tepat, serta memperluas jaringan outlet resmi," katanya.

Henry mengatakan, Toyota menyadari target mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar kendaraan nasional harus diiringi peningkatan layanan penjualan dan purna jualnya.

Pembukaan Outlet Dunia Barusa Meulaboh merupakan upaya Toyota dalam menangkap potensi pertumbuhan ekonomi Provinsi Aceh, kata Henry.

Memasuki 2016, perekonomian di Aceh perlahan meningkat dengan membaiknya sektor pertanian, kehutanan, perikanan, serta didukung pembangunan infrastruktur Tol Trans Sumatera dari Lampung hingga ke Aceh yang ditargetkan rampung pada 2019.

Dunia Barusa Meulaboh merupakan outlet ke-287 secara nasional yang dimiliki Toyota yang tersebar di 34 provinsi.

Outlet Dunia Barusa Meulaboh yang berlokasi di Jalan Meulaboh ini didukung oleh fasilitas penjualan dan Service Suku Cadang (VSP).

Berdiri di atas lahan seluas 6.437 m2 dengan luas bangunan 3.892 m2, outlet ini dilengkapi ruang tunggu nyaman untuk pelanggan Sales dan Service, ruang pamer (showroom) kendaraan yang luas, service stall untuk melayani perawatan dan perbaikan kendaraan Toyota.

Fasilitas bengkelnya ditunjang 16 stall yang terdiri dari 12 stall untuk perbaikan umum (General Repair), 2 stall Express Maintenance, serta 2 stall lainnya untuk pelayanan Toyota Dyna/Land Cruiser.

Mengakhiri tahun 2015, Toyota mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar otomotif nasional dengan pangsa pasar 31,8 persen.

Khusus di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Toyota mencatatkan total penjualan 3.130 unit dengan market shares sebesar 35,7 persen.
Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016