Jakarta (ANTARA News) - Terbuat dari kayu, mobil konsep Toyota Setsuna akan melakukan debutnya pada Milan Design Week 11 April tahun ini.

Menurut produsen mobil asal Jepang itu, lapor Car Advice, pemilihan materi yang sebagian besar dari pohon mati itu karena "bahannya yang tahan lama dan rentan berubah dari waktu ke waktu".

Sehingga, Setsuna akan menunjukkan bagaimana "mobil bertansformasi secara bertahap selama bertahun-tahun, sebagaimana mobil menyerap kenangan, aspirasi dan emosi dari beberapa generasi sebuah keluarga".

Mobil kayu ini akan berubah tergantung penggunaan dan perawatannya, serta faktor lingkungan, suhu dan kelembaban tertentu. Toyota mengklaim, Setsuna akan memberikan "karakter dan pendalaman yang unik".

Pembuatan Setsuna menggunakan beberapa jenis kayu. Pohon cedar dari Jepang digunakan untuk panel eksterior dan birch untuk bagian rangka.

Semua elemen kayu disatukan dengan cara okuriari, sebuah teknik perekatan tradisional Jepang yang tak menggunakan paku atau sekrup.

Keseluruhan bentuk mobil ini menyerupai perahu. Setsuna yang hadir dengan bentuk mobil dua penumpang, memiliki panjang 3.030 mm, lebar 1.480 mm tinggi 970 mm dan wheelbase 1.700 mm.


Penerjemah: Try Reza Essra
Copyright © ANTARA 2016