Jakarta (ANTARA News) - Penjualan sepeda motor jenis cub atau yang biasa disebut sebagai motor bebek, diperkirakan akan turun pada tahun ini akibat tingginya peminat skuter matik dan motor sport.

"Secara kuantitas, meski tidak banyak, motor bebek akan berkurang tahun ini karena pemainnya juga berkurang," kata Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur, disela peluncuran produk di Sentul International Circuit, Bogor, Senin.

Meskipun penjualannya terus menurun, ia meyakini bahwa motor bebek tidak akan "punah" dan tetap bertahan di pasar roda dua Indonesia.

"Kalau bicara masalah bertahannya, ya masih, tetapi penjualannya tidak akan melampaui jumlah penjualan tahun lalu," ujar Masykur.

Ia mengatakan, penjualan motor bebek lebih tinggi di luar Pulau Jawa khususnya di daerah-daerah yang jalanannya relatif kurang baik.

"Biasanya dibutuhkan oleh para pedagang untuk membawa barang. Mereka lebih percaya menggunakan motor bebek dari pada motor jenis lainnya," kata Masykur.

Saat ini lini produk motor bebek Yamaha Indonesia diisi oleh tiga varian, yaitu Vega, Jupiter Z dan MX King.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016