Las Vegas, AS (ANTARA News) - Kepala merek Volkswagen dari grup Volkswagen, Herbert Chief, menyatakan dirinya masih "pede" bahwa perusahaannya bisa mencapai kesepakatan dengan pihak regulator Amerika Serikat untuk menyesuaikan hampir 500.000 unit mobil bermesin diesel mereka dapat memenuhi peraturan emisi setempat.

"Kami percaya diri dapat menemukan solusi yang bisa diterima," kata Diess dalam konferensi pers di gelaran Consumer Electronics Show, Las Vegas, Nevada, Selasa (5/1) waktu setempat.

VW sebelumnya mengakui telah menyemati peranti lunak pada model-model mobil bermesin diesel tertentu yang dijual di AS demi membuat mobil-mobil itu lulus uji emisi, meski memuntahkan hampir 40 kali lipat dari batas atas polusi yang diizinkan di jalanan.

Departemen Kehakiman AS pada Senin (4/1) mengajukan gugatan publik terhadap VW dengan nilai ganti rugi maksimal mencapai 48 miliar dolar AS atas tuduhan melanggar peraturan lingkungan AS.

Menurut Diess, VW berharap mereka dapat memperbaiki sekira 8,5 juta unit mobil diesel yang dijual di Eropa dan tidak memenuhi standar pada pada akhir 2016, demikian Reuters.
Penerjemah: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2016