Jakarta (ANTARA News) - Sebagai penutup dari rangkaian kegiatan diecast 2015, Indonesia Diecast Expo (IDE) menyalurkan seluruh hasil lelang koleksi sumbangan peserta pameran kepada sejumlah yayasan di Jakarta yang dianggap berhak menerimanya.

Dari total hasil lelang dalam IDE 2015 yang digelar 20-21 November, yang jumlahnya Rp46.950.000, diserahkan kepada tiga yayasan, yakni Sahabat Veteran Indonesia, Panti Sosial Tresna Werdha Usada Mulia 5, dan Panti Sosial Bina Daksa, dengan masing-masing mendapatkan Rp15.650.000.

Ketiga yayasan ini telah ditetapkan oleh penyelenggara sebagai tujuan penyaluran hasil lelang diecast koleksi sumbangan peserta IDE 2015, kata IDE dalam siaran persnya, Minggu.

Kriswiyanto Mulyawan (52), Ketua Umum Yayasan Sahabat Veteran Indonesia, mengatakan akan menggunakan dana sumbangan itu untuk program bedah rumah veteran pejuang kemerdekaan Indonesia.

Ia berharap agar Indonesia Diecast Expo dapat terus memberikan bantuan bagi mereka yang membutuhan, termasuk para veteran perang yang sangat berjasa dalam merebut dan mempertahankan kemeredekan RI.  

Sementara itu di tempat terpisah, Agus Handaka (45), Kepala Bagian Perawatan Panti Sosial Tresna Werdha, yang sempat hadir di acara 2nd Indonesia Diecast Expo 2015, merasa bersyukur dengan donasi yang disalurkan oleh penyelenggara IDE 2015.

Agus, mewakili Panti Sosial Tresna Werdha yang baru saja kehilangan satu dari 179 warga binaannya akibat kanker,  berterima kasih kepada para kolektor dan komunitas peserta IDE 2015 yang menyumbangkan sebagian koleksinya untuk didonasikan.

Abdul Chair (48), Kepala Bagian Tata Usaha mewakili Ketua Yayasan Panti Sosial Bina Daksa, berjanji akan menggunakan sumbangan tersebut untuk membeli sejumlah kursi roda bagi warga binaan di yayasan yang menampung 120 penyandang cacat ini.

Ia dan seluruh warga binaan mendoakan agar Indonesia Diecast Expo dapat terus sukses sehingga dapat terus berbagi dengan sesama.

Dengan disalurkannya seluruh dana hasil donasi yang diperoleh selama dua hari lelang di  acara Indonesia Diecast Expo 2015, maka berakhirlah seluruh rangkaian kegiatan the 2nd Indonesia Diecast Expo 2015. 
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015