Jakarta (ANTARA News) - Volkswagen Amerika mengatakan 120.000 pemilik mobil diesel yang terdampak pelanggaran standar emisi AS akan menerima total hadiah 1.000 dolar AS berupa kartu hadiah senilai 500 dolar AS dan perbaikan kendaraan sebesar 500 dolar AS.

Pekan lalu, VW menawarkan kartu hadiah Visa prabayar 500 dolar AS, kartu terpisah 500 dolar AS untuk servis di dealer VW dan bantuan darurat 24 jam selama tiga tahun. Total, pemilik mobil yang berpartisipasi setidaknya mendapatkan 120 juta dolar AS.

Juru bicara VW Jeannine Ginivan, mengatakan 120.000 pemilik kendaraan telah mendaftar untuk mendapatkan kartu hadiah itu atau sekitar seperempat dari 482.000 pemilik kendaraan yang terdampak skandal emisi.

VW mengatakan langkah ini tidak akan mencegah para pemilik dalam mengajukan tuntutan hukum. Produsen mobil ini telah menghadapi ratusan tuntutan hukum di seluruh Amerika Serikat.

Presiden dan CEO VW Grup Amerika, Michael Horn, menyampaikan pengumuman pada Los Angeles Auto Show dan membuat pernyataan publik pertamanya yang penting sejak bersaksi di Kongres pada 8 Oktober.

VW telah menyiapkan dana 6,5 miliar euro untuk menutupi biaya setelah pemasangan "perangkat mengelabui" pada 11 juta kendaraan di seluruh dunia bermesin diesel yang dirancang sejak 2008, demikian Reuters.
Penerjemah: Try Reza Essra
Copyright © ANTARA 2015