Shanghai (ANTARA News) - Volkswagen menarik hampir 2.000 kendaraan di Tiongkok yang menjadi pasar terbesar otomotif, menyusul skandal penipuan emisi global.

Raksasa otomotif ini menghadapi tuduhan telah menginstalkan software pada jutaan mobil diesel di seluruh dunia untuk mengelabui uji emisi dan mengaburkan batas nitrogendioksida dan polutan lainnya.

Pemerintah Tiongkok sendiri telah membidik VW di mana badan pengawas kualitas mendesak VW menjelaskan masalah itu sesegera mungkin, bahkan akan mengambil langkah lebih jauh.

Badan perlindungan lingkungan Tiongkok juga menyelidiki apakah kendaraan produksi lokal dan impor VW melanggar standard emisi, lapor Bloomberg News.

VW telah menyalurkan 3,67 juta kendaraan di Tiongkok selama tahun lalu namun hanya me-recall kendaraan diesel terdampak skandal yang diimpor ke negeri itu; 1.946 unit SUV Tiguan dan empat Passat B6, umum VW.

VW juga berulang kali mengatakan bahwa dua perusahaan patungannya di Tiongkok sama sekali tidak terdampak skandal emisi itu.

"Volkswagen ingin menyampaikan permintaan maaf setulus-tulusnya atas ketidaknyamanan pada konsumen kami," kata VW seperti dikutip AFP.
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015