Karawang (ANTARA News) - Produsen ban PT Bridgestone Tire Indonesia membuktikan bahwa produknya, Ecopia EP150, bisa menghemat bahan bakar hingga 15% dibanding dua ban merek lain dari pesaingnya dalam uji lintas Sumatera melalui "Ecopia Go Indonesia" edisi kedua.

"Ecopia Go Indonesia" kedua yang menjelajahi jalur Sumatera telah diselesaikan, Sabtu, dengan titik finis di Bridgestone Proving Ground Karawang, Jawa Barat setelah jarak tempuh 2.143 km dalam waktu 12 hari sejak 8 September lalu.

Hasil dari perjalanannya beribu kilometer mulai dari Istano Basa-Danau Singkarak-Jambi-Lahat-Palembang-Lampung-Karawang itu, kendaraan uji dengan ban Bridgestone Ecopia EP150 terbukti bisa lebih hemat 15 persen (25 liter) dibanding dua kendaraan lain dengan ban buatan kompetitor.

Selain untuk memperkuat popularitas nilai tambah dan keuntungan ban Ecopia kepada seluruh konsumen Indonesia. "Program ini ingin menjawab pertanyaan seberapa banyak bahan bakar yang dapat dihemat dengan menggunakan ban Ecopia tersebut? Walaupun dalam kondisi jalanan yang berbeda antara di pulau Jawa tahun lalu dan pulau Sumatera tahun ini," kata Presiden Direktur Bridgestone Tire Indonesia, Yoshikazu Shida.

Tepat pukul 11:00 WIB hari ini , tim "Ecopia Go Indonesia" tiba di Proving Ground Bridgestone, Karawang. Tim disambut oleh media, ratusan anggota klub mobil serta jajaran manajemen Bridgestone Tire Indonesia.

Tiba di garis finis Proving Ground Bridgestone, tim "Ecopia Go Indonesia" langsung melakukan penghitungan konsumsi bahan bakar yang secara bersamaan disaksikan awak media serta tamu lainnya.

Program “Ecopia Go Indonesia" terdiri atas tim yang beranggotakan pengemudi profesional, di mana mereka telah melintasi jalur Pulau Sumatera menggunakan tiga mobil sejenis dengan kondisi yang sama, dengan salah satunya menggunakan ban Ecopia sementara dua mobil lainnya menggunakan ban merek lain.

Selama perjalanan uji cobanya yang dimulai dari Bukittinggi, Sumatera Barat, tim “Ecopia Go Indonesia” telah mengunjungi empat kota besar untuk bertemu langsung dengan konsumen lokal beserta para dealer untuk menunjukkan secara langsung data performa ban Ecopia EP150 dalam hal penghematan bahan bakar.

Ban Bridgestone Ecopia EP150 memiliki desain dan konstruksi yang mampu mengurangi hambatan gulir (rolling resistance) sehingga lebih hemat bahan bakar, meskipun tetap memperhatikan parameter performa dan keselamatan lain seperti pengendalian saat kondisi basah dan kering, stabilitas, kemampuan pengereman, dan tingkat kebisingan ban yang rendah.

”Penyelenggaraan program Ecopia Go Indonesia dilaksanakan secara transparan untuk memastikan tingkat kepercayaan yang tinggi di mana kami menginginkan hasil yang akurat terhadap ban yang paling hemat bahan bakarnya. Hasilnya sangat memuaskan karena terbukti ban Ecopia yang paling hemat konsumsi bahan bakarnya dan sangat cocok sekali untuk para pengendara di Indonesia yang menginginkan ban hemat bahan bakar dan umur pemakaian yang lama," tambah Direktur Penjualan dan Pemasasan Bridgestone Tire Indonesia, Toshihiro Fujiki.
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015