Jakarta (ANTARA News) - Fiat Chrysler Automobiles memerintahkan recall kedua dalam dua bulan terakhir untuk memasang perangkat lunak yang melindungi dari serangan peretas.

Recall yang diperintahkan Jumat itu akan memperbarui perangkat lunak pada 7.810 unit Jeep Renegade 2015 yang memiliki layar sentuh 6,5 inci.

Menurut laman USA Today, karena mobil ini masih baru, maka setengah dari seluruh jumlah kendaraan masih berada di dealer.

Produsen mobil ini mengatakan, sistem yang terdampak recall terbaru ini berbeda dari recall 1,4 juta kendaraan Juli lalu.

Para pemilik akan menerima sebuah perangkat sehingga dapat melakukan pembaruan sendiri. Fiat Chrysler mengatakan perangkat ini akan mencakup fitur keselamatan baru yang dapat memblokir akses jarak jauh.

"Manipulasi perangkat lunak yang ditujukan dalam recall ini memerlukan pengetahuan teknis yang unik dan luas," kata perusahaan ini.

Sebelumnya recall Juli lalu ditempuh Fiat Chrysler setelah dua hacker mengambilalih Jeep yang sedang melaju di jalan raya.

Mereka berhasil memutar pendingin udara dan mengambilalih sistem suara sehingga mobil mereka belokkan ke pinggir jalan.

"Recall adalah langkah tepat dalam melindungi pelanggan Fiat Chrysler," kata Administrator Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) Mark Rosekind.




Penerjemah: Try Reza Essra
Copyright © ANTARA 2015