Jakarta (ANTARA News) - Distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat, PT Daya Adicipta Mustika (DAM), meresmikan kerja sama dengan 12 sekolah menengah kejuruan yang masuk dalam pembinaan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM).

Kesepakatan kerja sama DAM--yang berkolaborasi dengan PT Astra Honda Motor (AHM)--dengan 12 sekolah kejuruan di Jabar itu ditandatangani Selasa (25/8) di SMK Al Farisi Kabupaten Garut, menurut DAM dalam pernyataannya.

Dua belas sekolah terpilih itu akan bergabung dalam jaringan sekolah pengembangan KTSM yang sebelumnya sudah merangkul 81 sekolah yang tersebar di Provinsi Jabar.

"Sekolah akan langsung mendapatkan program kurikulum setara dengan pendidikan yang diberikan untuk mekanik AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) atau Technical Training Level Satu (TTL 1). Output yang diharapkan adalah siswa-siswa lulusan SMK dapat langsung bekerja di jaringan AHASS atau wiraswasta," kata Manajer Technical Development DAM, Yudi Heriyadi.

General Manager Sales, Marketing & Logistik DAM, Lerri Gunawan, mengatakan bahwa DAM secara aktif telah memulai program KTSM Honda sejak 2009.

Kurikulum ini akan mencakup silabus khusus yang disaranai untuk siswa tingkat SMK, dan dilanjutkan dengan penyiapan sarana fisik, berupa laboratorium di sekolah-sekolah yang terpilih.

Dalam kegiatannya membantu bidang pendidikan ini, DAM tidak hanya membidik sekolah yang ada di kota besar saja, namun juga menjangkau sekolah di pinggiran kota maupun kabupaten yang jarang mendapatkan bantuan pendidikan.

Sebagai bagian dari rangkaian acara, digelar pula pelatihan mengenai keunggulan teknologi sepeda motor Honda untuk siswa-siswa dan guru SMK.

Dihadirkan pula Servis Kunjung Paguyuban AHASS Garut yang akan melayani Service Ekonomis dan Safety Check untuk pengendara motor Honda di SMK. Kemudian ada kampanye keselamatan berkendara melalu pelatihan safety riding untuk pelajar dan guru.
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015