Jakarta (ANTARA News) - Selain memajang dan memasarkan beraneka macam mobil, motor, dan skuter, arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 juga menjadi ajang pemasaran sepeda balap dan sepeda gunung papan atas dunia. 


Terdapatlah sepeda balap bermaterial dan teknologi canggih, BMC buatan Swiss, di Hall C3. Harga yang disematkan cukup membuat dahi berkerut antara kagum dan lain-lain, yaitu Rp255 juta saja. 


Harga segitu setara dengan satu mobil SUV baru atau satu unit Harley Davidson dalam konfigurasi standar, atau satu rumah tapak sederhana-menengah bawah di pinggiran Jakarta. 


Yang membuat sepeda balap itu cukup menonjol adalah susunan huruf yang dipasang berderet dari atas ke bawah di poros jok frame-nya: Lamborghini. 


“Memang ini seri khusus hasil kolaborasi BMC Swiss dengan Lamborghini, Italia. Semuanya dari karbon yang dijamin kekuatannya seumur hidup,” kata petugas gerai sepeda itu, Baim. “Tongkrongan” sepeda balap itu memang beda. 


Rangkanya yang besar persegi dan kokoh ditunjang pelek karbon dengan jari-jari jarang juga bermaterialkan karbon membuat dia tampil berbeda ketimbang sepeda-sepeda yang dipajang di gerai itu. 


“Ada satu yang telah dipesan dan siap diantar ke konsumen kami. Sangat fanatik sepeda balap dan memiliki apresiasi tinggi akan sepeda balap,” katanya, tanpa mengungkap nama konsumennya itu. 


Omong-omong, harga frame (rangka) sepeda balap berbahan karbon itu berapa? Hanya Rp56 juta saja. 


Yang menarik, sepeda balap itu memiliki sistem pemindah gigi percepatan secara elektronika. Baterai penggerak ditanam di dalam batang penunjang jok, dan kabel-kabelnya tersembunyi rapi. Kelir hitam berbalut jinggga khas Lamborghini menunjang tampilan canggih dan mahal sepeda balap itu.  

Oleh
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015