Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor (TAM) berharap Grand New Avanza dan Grand New Veloz mampu melebihi kesuksesan seri Avanza sebelumnya yang mampu terjual rata-rata 13.500 unit per bulan pada 2014.

"Dengan ini kami ingin mempertahankan market share yang sama, kalau bisa lebih di kisaran 13.500 sampai 15.000 (unit per bulan)," kata Suparno Djasmin, Vice President Director PT TAM, saat peluncuran Grand New Avanza dan Grand New Veloz di Jakarta, Rabu.

Grand New Avanza dan Grand New Veloz dipastikan untuk mendongkrak penjualan rata-rata Toyota Avanza yang terjual 12.000 unit perbulan hingga semester pertama 2015 atau menurun dibandingkan penjualan rata-rata 2014.

"Jangan lupa market otomotif tahun ini mengalami penurunan. Dengan adanya Avanza baru ini semoga bisa mengangkat volume yang kami inginkan," imbuh Suparno Djasmin.

"Penurunan terjadi karena tahun ini meluncurkan produk baru sehingga otomatis ada yang run out. Adanya run out itulah yang mempengaruhi penjualan retail dan whole sales," ujar Suparno Djasmin.

Sejak diluncurkan 11 tahun lalu hingga Juni 2015, Avanza sudah terjual 1,3 juta unit dan menjadi pimpinan pasar segmen MPV kendati kondisi pasar otomotif Indonesia naik turun.

Pada semester pertama 2015, total penjualan Avanza mencapai 63.053 unit dengan paangsa pasar 45,4 persen atau lebih baik dibandingkan periode yang sama 2014 sebesar 41 persen.

Peningkatan itu ditunjang dengan kehadian Veloz yang menjadi pilihan tersendiri bagi konsumen yang membutuhkan mobil keluarga bergaya sport.

"Kami optimistis melanjutkan kesuksesan Avanza terdahulu," kata Suparno Djasmin.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015