Jakarta (ANTARA News) - Gabungan Industri Kedaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melalui GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show), terus mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional dengan tidak hanya fokus pada industri otomotif di kawasan Jakarta, namun juga tersebar ke wilayah-wilayah lain.

Siaran pers Gaikindo, Rabu, menyebutkan bahwa untuk wilayah Indonesia Timur, Makassar adalah salah satu kota yang menjadi titik pusat perekonomian Indonesia Timur terutama melalui industri otomotifnya. Menurut data dari Gaikindo, selain Makassar, wilayah lain yang berperan penting terhadap pertumbuhan industri otomotif nasional adalah Surabaya.

Melihat potensi pasar otomotif tersebut, Gaikindo melalui GIIAS akan membawa semangat industri otomotif Indonesia untuk terus berkembang ke daerah lainnya di luar Jakarta dan sekitarnya. Di tahun 2015 ini, GIIAS juga akan hadir di dua kota lainnya yaitu Makassar dan Surabaya.

Perjalanan panjang pameran Gaikindo juga mendapatkan dukungan penuh dari organisasi internasional yang membawahi industri otomotif dunia, yaitu OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles). Di bawah naungan OICA, GIIAS menjadi salah satu seri pameran otomotif dunia berkelas internasional.

"Sejak beberapa tahun yang lalu Pameran Gaikindo sudah tercatat sebagai salah satu rangkaian pameran otomotif internasional dalam kalender OICA," kata Sekretaris Umum Gaikindo, Noergardjito yang menjelaskan bahwa GIIAS 2015 adalah satu-satunya pameran otomotif di Indonesia yang diakui dunia internasional melalui OICA.

Ia mengatakan, GIIAS dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk mengembangkan industri otomotif lokal, bertukar informasi seputar teknologi terkini, sarana untuk mengembangkan industri pendukung dan komponen otomotif hingga sebagai wadah bagi masyarakat lokal untuk menikmati industri otomotif melalui acara-acara pendukungnya.

Lebih jauh lagi, semangat GIIAS yang akan dibawa oleh GAIKINDO juga meliputi berbagai aksi-aksi sosial sebagai bentuk kepedulian industri otomotif. Acara sosial yang dilaksanakan di GIIAS Jakarta seperti GIIAS EduCare dan Student’s Day juga akan dibawa ke Makassar dan Surabaya.
 
GIIAS Makassar dan GIIAS Surabaya

Sama halnya seperti GIIAS Jakarta, di Makassar dan Surabaya GIIAS akan membawa Agen Pemegang Merek anggota GAIKINDO untuk berpartisipasi di dua kota tersebut. GIIAS Makassar akan diselenggarakan pada tanggal 25 – 29 November 2015 di Celebes Convention Center, Makassar dan GIIAS Surabaya akan diselenggarakan pada tanggal 09 – 13 Desember 2015 di Grand City, Surabaya.

GIIAS di Makassar dan Surabaya akan menghadirkan merek-merek kendaraan ternama langsung dari Agen Pemegang Merek-nya. Hal ini menunjukkan bahwa pameran ini merupakan miniatur kecil dari GIIAS Jakarta dan sebagai wadah bagi industri otomotif lokal untuk menunjukkan eksistensinya.

Selain itu berbagai program unggulan yang dihadirkan dipercaya akan menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat di kedua kota tersebut. Program-program tersebut antara lain Automotive Community’s Day, DJ Performance on Car, Modifiication Contest, Freestyle Motorbike Show akan menambah keseruan pameran GIIAS Makassar & Surabaya.

Layaknya GIIAS Jakarta, berbagai fasilitas juga dipersiapkan panitia untuk memanjakan pengunjung, seperti fasilitas test drive dan test ride yang memberikan peluang langsung bagi pengunjung untuk merasakan kemampuan dan kenyamanan kendaraan yang disukai.

Kemudian juga ada fasilitas SIM keliling & SAMSAT corner yang akan memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk mengurus dan memperpanjang surat ijin mengemudi dan pajak kendaraan bermotor mereka.

Selain itu acara sosial seperti GIIAS EduCare (sumbang buku, travelling & teaching, tools for school), student’s day, donor darah serta woman’s day juga akan diadakan di kedua kota ini yang diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat sekitar.

Andy Wismarsyah, Presiden Direktur Seven Events selaku organizer yang dipilih Gaikindo melaksanakan rangkaian pameran GIIAS nasional, menaruh keyakinannya akan penyelenggaraan perdana GIIAS Makassar dan Surabaya.

"Sebagai rangkaian pameran otomotif nasional, Gaikindo yang didukung penuh oleh anggotanya dan membawa berbagai inovasi pada penyelenggaraan pameran nantinya, GIIAS Makassar dan Surabaya dipercaya akan menjadi sebuah kegiatan yang unik dan menarik dan berbeda dengan pameran otomotif lokal sejenis lainnya" katanya.
 
Tentang rangkaian GIIAS 2015:
 
1. GIIAS Jakarta (BSD City) 20 – 30 Agustus 2015, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan. Luas area pameran 91.577 meter persegi. Jumlah peserta 34 merek kendaraan dengan total 350 peserta.

2. GIIAS Makassar 25 – 29 November 2015, di Celebes Convention Center, Makassar. Luas area pameran 6.000 meter persegi. Pameran ini menargetkan 12 merek kendaraan dengan total 35 peserta.

3. GIIAS Surabaya 09 – 13 Desember 2015, di Grand City Surabaya. Luas area pameran 6.000 meter persegi. Pameran ini menargetkan 12 merek kendaraan dengan total 35 peserta.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015