Jakarta (ANTARA News) - PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk pertama kalinya menampilkan sketsa mobil generasi terbaru crossover dengan tujuh kursi yang diberi nama Honda BR-V (Bold Runabout Vehicle), di Jakarta, Senin.

"Model ini akan diperkenalkan pertama kali di dunia (world premiere) pada pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM Jonfis Fandy, di Jakarta, Senin.

Honda BR-V, kata dia, sengaja dirancang untuk memenuhi selera konsumen Indonesia, yang menyukai kendaraan dengan tujuh kursi dengan ground clearance yang tinggi, sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia.

"Model ini berada pada posisi antara Mobilio dan HR-V," ujar Jonfis. Sama dengan Mobilio dan HR-V, BR-V juga mengusung mesin 1.5 liter i-VTEC.

Namun, Jonfis menjanjikan model terbaru crossover Honda itu, akan memiliki transmisi yang canggih, roof rail yang keren dan alloy wheels yang besar, untuk mendukung kesan tangguh.

Ia mengakui HPM ingin mengambil ceruk pasar kendaraan di Indonesia yang cukup besar yaitu antara segmen MPV dan SUV yang menguasai sekitar 40 persen pasar otomotif secara nasional.

Selain itu, menurut Jonfis, pasar kendaraan terbesar berada pada rentang harga Rp150 juta - Rp300 juta per unit. "Rentang harga itu menguasai sekitar 55 persen pasar," katanya.

Dengan masuk ke segmen pasar yang besar itulah, HPM kini mampu menguasai 15 persen pasar mobil di Indonesia pada periode Januari-Mei 2015 dan menghasilkan pertumbuhan penjualan yang positif sebanyak 69.709 unit, naik dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 58.681 unit.

"Sampai Mei, penjualan Honda masih tumbuh 19 persen, meskipun pasar otomotif cenderung turun," kata Presdir HPM Tomoki Uchida.

Ia optimistis dengan BR-V yang disebutnya sebagai new generation crossover utility vehicle, HPM bakal kembali meraih pertumbuhan penjualan tahun depan.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015