Jakarta (ANTARA News) - Permintaan kendaraan Mitsubishi Fuso, merek yang bernaung di bawah PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), terutama Colt Diesel di kelas light truck meningkat memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran.

Pada bulan Mei 2015 Colt Diesel menguasai 57,8% pangsa pasar, meningkat cukup signifikan jika dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 50,9%.

Menurut Executive Marketing Director of MFTBC Marketing Division KTB Rizwan Alamsjah, hal tersebut disebabkan oleh tingginya aktivitas selama bulan Ramadhan di beberapa sektor industri terutama kebutuhan bahan pokok. Tingginya aktivitas di beberapa sektor industri selama Ramadhan berimbas pada naiknya permintaan armada kendaraan niaga untuk menunjang berbagai aktivitas bisnis.

"Memasuki Bulan Ramadhan dan jelang Lebaran, angka penjualan memang biasanya cenderung mengalami kenaikan. Semoga dapat kembali meningkatkan gairah penjualan otomotif di bulan-bulan berikutnya," kata Rizwan dalam keterangan persnya, Kamis.

Selain itu, selama kwartal pertama di tahun 2015 Mitsubishi Fuso mempertahankan posisinya sebagai penguasa pasar kendaraan niaga di Indonesia di tengah kondisi pasar yang menurun.

Dalam kondisi ekonomi yang melemah dan penurunan pasar otomotif nasional hingga 13,7% pada Januari – Mei 2015, data retail sales menunjukkan market share Mitsubishi Fuso justru meningkat mencapai 47,3% jika dibandingkan tahun 2014 sebesar 46,1%.

Data Januari-Mei 2015 menunjukkan, penjualan retail sales seluruh kendaraan niaga secara nasional tercatat 34.458 unit, mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2014 sebesar 51.604 unit, sedangkan Mitsubishi Fuso memperoleh 47,3% pangsa pasar dengan penjualan sebesar 16.296 unit selama Januari-Mei 2015.

Penjualan Mitsubishi Fuso pada bulan Mei 2015 tumbuh sebesar 13,9% jika dibanding April 2015. Penjualan April 2015 sebesar 2.734 unit dengan pangsa pasar 44,6%, kemudian di bulan Mei 2015 naik hingga 3.115 unit dengan pangsa pasar 49,5%.

Selain permintaan kendaraan yang meningkat selama bulan Ramadhan, permintaan akan layanan purna jual juga meningkat. KTB pun membuat program  Ramadhan Service Campaign yang dilaksanakan sejak 15 Juni – 11 Juli 2015 agar kondisi kendaraan Mitsubishi Fuso selalu dalam keadaan prima di bulan Ramadhan.

"Kami ingin konsumen merasa bahwa Mitsubishi Fuso selalu siap melayani, maka dari itu kami selalu menyediakan berbagai program layanan purna jual, salah satunya melalui program Ramadhan Service Campaign," jelas Rizwan.

Program tersebut memberikan berbagai penawaran bagi konsumen seperti gratis pengecekan kendaraan di seluruh dieler, gratis penggantian filter solar di hari Sabtu, buka puasa bersama gratis setiap hari Jumat, Service Discount Coupon Rp 100.000 untuk layanan servis selanjutnya (berlaku di 22 dieler terpilih & 8 Truck Center), serta Mobile Service 24 Hour yang siaga melayani di jalur utama lintas Sumatera dan Jawa.
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015