Yogyakarta (ANTARANews) - Populasi Toyota Avanza yang pertama kali dirilis akhir 2003, kini telah menemus angka di atas 1,3 juta unit dan masih memimpin pasar kendaraan serba guna kecil (LMPV).

"Hingga Mei 2015 total populasi Avanza mencapai lebih dari 1,3 juta unit, tepatnya 1.326.647 unit," kata GM Perencanaan Perusahaan dan Humas PT Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati Soedigdo, di sela-sela lomba doodle art Avanza Pop You Up, di Yogyakarta, Sabtu.

Ia mengatakan sejak diluncurkan akhir tahun 2003, Avanza terus memimpin pasar di segmen LMPV dan menjadi kendaraan terlaris di Indonesia.

"Sampai Mei tahun ini Avanza menguasai 50,1 persen pasar LMPV," ujar Widyawati.

Pada Januari - Mei 2015 penjualan Avanza secara wholesales telah mencapai 56.108 unit. Meski telah berusia 11 tahun lebih, kata dia, Avanza masih diminati konsumen, karena dirancang bangun sesuai karakter dan selera masyarakat Indonesia.

Sejumlah peningkatan dan penyegaran telah dilakukan Toyota untuk mempertahankan kepemimpinan pasar Avanza di segmen LMPV.

Bahkan TAM melalui kegiatan Avanza Pop You Up memberi apresiasi kepada pelanggan yang mendandani mobil mereka sehingga tampil beda di antara Avanza lainya yang berseliweran di jalan.

Selain itu, melalui kegiatan yang sama, TAM juga memberi kiat kepada pemilik Avanza bagaimana memberi penampilan mobil yang beda di tengah jutaan Avanza lainnya. "Kami ingin membagi pengetahuan kepada konsumen bagaimana personalisasi Avanza secara benar dan baik," kata Widyawati.

Salah satunya, melalui "doodle art" yaitu melukis atau menggambar sesuai aktualisasi diri pemilik, di atas stiker yang akan ditempelkan pada tubuh Avanza.

"Sebelum menggambar sebaiknya buat konsepnya dulu, agar sesuai karakter yang diinginkan," kata seniman 'doodle art' Irvina Anissa Meisari.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015