Yogyakarta (ANTARA News) - Di luar dugaan, para pemilik Toyota Avanza, ternyata lebih berani tampil beda dalam mendadani mobil terlaris di Indonesia itu. Itu terlihat pada acara Avanza Pop You Up di Yogyakarta, Sabtu, yang memanjang sejumlah model Avanza yang telah dimodifikasi, terutama eksterior, di samping interior.

Sejumlah pemilik Avanza tampak berani tampil beda dengan warna yang tidak standar dari pabrik seperti hijau tosca, orange, biru langit.

"Ini belum semua, ada yang lebih gila," kata Manager Operasional Area Selatan PT New Ratna Motor (Nasmoco) Agus Partono, di sela kegiatan menggambar atau doddle art di tubuh Avanza yang diikuti 10 kelompok peserta. Nasmoco merupakan dealer utama Toyota di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Ia mengatakan ada pemilik Avanza di Yogya yang memodifikasi mobilnya layaknya sebuah lounge, lengkap dengan sound system yang canggih dan bar.

"Sayang mobilnya lagi di luar kota, sehingga tidak bisa ditampilkan di sini," katanya. Menurut Agus, banyak pemilik Avanza di Yogyakarta menjadikan kendaraan mereka sebagai bagian dari ekspresi diri dan gaya hidup, terutama di kalangan anak muda.

"Biasanya (Avanza) bukan mobil pertama mereka, sehingga mereka mendandaninya gila-gilaan," ujarnya.

Agus menceritakan mirip dengan daerah lain, pada umumnya para pemilik Avanza di Yogya tidak hanya menggunakan mobil mereka untuk sarana transportasi, keperluan sehari-hari. Tapi juga untuk bisnis, seperti memodifikasi mobil untuk berdagang.

Diakui juga ada Avanza yang digunakan untuk taksi di Kota Gudeg itu. Kendati demikian, minat konsumen di Yogyakarta, lanjut dia, tidak berkurang. "Avanza tetap pemimpin pasar di sini," ujarnya.

Agus mengatakan pada Januari-April Toyota melalui Avanza menguasai 52,2 persen pasar kendaraan serbaguna kecil (LMPV) di Yogyakarta. Sampai April penjualan Avanza telah mencapai 977 unit dari total penjualan LMPV di Yogyakarta yang mencapai 1.872 unit.

GM Perencanaan Perusahan dan Humas PT Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati Soedigdo menambahkan, Yogyakarta merupakan salah satu andalan untuk pasar Avanza.

"Yogyakarta memberi kontribusi penjualan Avanza secara nasional sekitar dua persen," ujarnya. Oleh karena itulah, Avanza Pop You Up yang merupakan kegiatan TAM untuk mengapresiasi pemilik mobil Avanza yang berani tampil beda diselenggarakan salah satunya di Yogyakarta.

Pada kegiatan tersebut TAM juga memberikan kiat mendadani eksterior Avanza dengan stiker yang digambar dengan gaya doddle art.
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015