Karawang (ANTARA News) - Produsen ban kendaraan PT Bridgestone Tire Indonesia menegaskan tidak menargetkan penjualan dalam kampanye keselamatan Tire Safety 2015, selain hanya untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan berkendara.

"Bridgestone tidak punya target-terget lain kecuali untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya berkendara yang aman," kata Direktur Penjualan dan Pemasaran Bridgestone Indonesia Yasuhiro Ukegawa disela Bridgestone Tire Safety 2015 di Karawang, Jumat.

Melalui kampanye keselamatan Tire Safety 2015 di rest area KM 57 tol Cikampek, Jawa Barat, Bridgestone kembali ingin mengedukasi masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengecekan kondisi ban dan tekanan anginnya sebelum mereka berkendara.

Marketing Section Manager Bridgestone Indonesia Linda Yuselina menambahkan bahwa ban merupakan elemen penting dalam kendaraan karena komponen ini yang langsung bersentuhan dengan jalan yang dilalui kendaraan.

"Jika ban tidak baik, maka akibatnya bisa membahayakan pengemudi dan penumpangnya," jelas Linda Yuselina.

Bridgestone, kata Linda, mengharapkan pengunjung yang datang ke lokasi Tire Safety 2015 akan meningkat. Pada tahun lalu sempat turun karena pemerintah sempat tidak membolehkan SPBU di sepanjang jalan tol menjual bahan bakar minyak bersubsidi.

"Sekarang dengan sudah tidak adanya larangan itu, kami berharap akan banyak lagi pengunjung yang datang ke lokasi Tire Safety Bridgestone," katanya.

Menurut Linda, sejak 9 Juni hingga 12 Juni siang tercatat sudah lebih dari 1000 kendaraan pengunjung yang datang ke Tire Safety Bridgestone.

Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Yoshikazu Shida, mengatakan, bukan hanya pada kegiatan tahunan saja, tapi juga telah menjadi standar komitmen sehari-hari Bridgestone untuk mengedukasi dan mengingatkan pengemudi kendaraan akan pentingnya merawat ban.

Dalam kegiatan Tire Safety ini para ahli ban dari Bridgestone mengecek kondisi seluruh ban setiap pengunjung sekaligus menyebarkan informasi penting bagaimana merawat ban untuk optimalisasi performa ban sekaligus demi keselamatan berkendara.

Bridgestone juga melatih pengemudi mengenai pengecekan kembangan ban untuk menghindari bahaya akan berkendara dengan ban yang sudah aus atau rusak.

Tekanan angin yang tepat juga akan menjaga ban tidak cepat aus atau mengalami kerusakan struktural. Ban yang kurang angin/udara juga dapat mempengaruhi kinerja ban, termasuk boros bahan bakar atau bahkan mengakibatkan kecelakaan.
Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015