Lombok, NTB (ANTARA News) - Tur motor skutik Honda Smart Adventure yang berakhir di Lapangan TVRI, Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat selain memperkenalkan produk keluaran Astra Honda Motor juga ingin memperkenalkan pariwisata dan kebudayaan pulau tersebut.

"Lombok tidak kalah dengan pulau lain," kata Kepala Wilayah Astra Motor Mataram Wahyudi Saputra saat jumpa pers, Minggu (7/6).

Tur dengan 12 sepeda motor Beat, Vario dan Scoopy ini berangkat dari area Museum Fatahillah, Jakarta pada 28 Mei dengan tujuan melintasi Pulau Jawa-Madura-Bali-Lombok dan total peserta yang berpartisipasi sebanyak 156 orang.

Di Lombok, peserta berangkat dari Lombok Garden menuju garis akhir di Lapangan TVRI. Selama perjalanan di Lombok yang memakan waktu dua hari , mereka antara lain melewati Masjid Kuno Bayan (masjid tertua di Lombok), Bukit Merese dan Pantai Ampenan.

12 motor yang dipakai dari Jakarta itu menempuh jarak sejauh sekitar 2.400 kilometer dengan total perjalanan selama 11 hari.

Mariani Sidik, salah satu peserta tur asal Lombok, menyatakan ia tertarik mengikuti acara ini karena ingin merasakan motor terbaru dari Honda dan memperkenalkan wisata di pulau tersebut kepada peserta yang berasal dari daerah lain.

Mariani yang mengendarai All New Honda BeAt eSP ini mengaku tarikan gas motor tersebut yang halus membuatnya tidak merasa kelelahan saat melewati jalan yang berlubang.

Wahyudi mengatakan market share Honda di NTB sebesar 65 persen dengan kontribusi terbesar dari Lombok. Pulau Lombok menyumbang 82 persen dan sisanya berasal dari Pulau Sumbawa.

Sementara itu, NTB berkontribusi sebanyak 1,4 persen terhadap pasar Honda di Indonesia.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015