Jakarta (ANTARA News) - Komponen buatan usaha kecil menengah (UKM) turut digunakan produksi mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang kandungan lokalnya sudah mencapai 85 persen.

"Komponen lokal kedua mobil ini kan sudah mencapai 85 persen, dan beberapa bagian dibuat oleh pelaku UKM," kata Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), F.X. Sri Martono, dalam diskusi Marketers CSR & PKBL Club di Jakarta, Senin.

Namun, ia tidak bisa memastikan berapa persentase keterlibatan UKM dalam menyuplai bagian-bagian mobil tersebut.

"Komponennya seperti bracket kecil, skrup, atau bagian-bagian sederhana lainnya. Angka-angkanya saya kurang hafal," ujarnya.

YDBA yang turut membina UKM yang tersebar dari Sumatera hingga Lombok, memiliki strategi khusus untuk menarik minat pelaku UKM agar tertarik membuat komponen mobil.

"Kami undang mereka, kami tunjukkan komponen-komponen mobil, kemudian mereka dibebaskan untuk memilih komponen mana yang akan dibuat. Tapi tentu harus dibuktikan terlebih dulu," kata Sri Martono.

Secara umum, kata dia, perkembangan UKM di sektor otomotif masih tergolong kecil. Saat ini YDBA mencatat, jumlahnya sekitar 279 UKM.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015