New York (ANTARA News) - Ford, Rabu WIB ini, menarik kembali ribuan pickup baru F-150 di Amerika Utara karena masalah pada poros kemudi yang bisa menyebabkan pengemudi truk ini kehilangan kendali.

Ford Motor Company mengeluarkan perintah recall untuk 12.328 unit truk model Ford F-150 keluaran 2015, dengan alasan poros kemudi bagian atas terpaku secara tak semestinya sehingga berpotensi menyebabkan terpisah.

Pada kasus seperti itu, pengemudi bisa tiba-tiba tak bisa mengendalikan kemudi truk berbalut aluminum ini sehingga meningkatkan risiko kecelakaan, kata produsen otomotif terbesar kedua AS tersebut.

Ford mengatakan memang tidak ada kecelakaan atau cedera yang berkaitan dengan cacat produk ini, tetapi mengaku mempedulikan sebuah laporan bahwa hilang kendali atas kemudi diyakini berkaitan dengan kondisi itu.

Truk-truk yang ikut terkena recall ini adalah termasuk mesin 2015 F-150 yang dibuat Maret di pabrik-pabrik Kansas City, Missouri, dan Dearborn, Michigan.

Hanya 5.606 unit truk yang ditarik kembali ini yang sudah berada di tangan konsumen.

Ford telah menaikkan produksi pickup model baru untuk memenuhi permintaan yang terus mengalir. Penjualan F-150 di AS naik 8 persen pada April, kata Ford seperti dikutip AFP.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015