Makassar (ANTARA News) - Toyota Avanza tipe G dengan mesin 1.300 cc bertransmisi manual menjadi kendaraan paling diminati konsumen di Sulawesi Selatan dibandingkan varian lainnya.

"Sekitar 40-50 persen penjualan Avanza berasal dari tipe 1.3 G, manual," kata GM Penjualan Kalla Toyota, Tarsimin, disela ajang Avanza Pop You Up di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Ia mengatakan bahwa rata-rata konsumen Avanza di Sulawesi Selatan menyukai mobil dengan transmisi manual karena lebih mudah dikendarai.

"Rata-rata pemilik mobil pertama menyukai kendaraan dengan transmisi manual, lebih mudah," kata dia. Selain itu, kondisi alam dan jalan di Sulawesi Selatan juga lebih cocok dengan kendaraan tipe manual.

Penjualan seluruh model Avanza di Sulawesi Selatan mencapai sekitar 600 unit per bulan. Tahun 2014 penjualan mobil serbaguna (MPV) kecil yang mulai diproduksi Toyota itu mencapai 6.066 unit, turun dibandingkan tahun 2013 yang mencapai 8.699 unit.

"Penurunan penjualan mobil di Sulawesi Selatan pada 2014 jauh lebih besar dibandingkan penjualan secara nasional," kata Tarsimin. Karena itulah, lanjut dia, kondisi itu juga berdampak pada penjualan Avanza.

Secara nasional, menurut GM Perencanaan Perusahaan dan Humas PT Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati Soedigdo, Avanza masih menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan rata-rata 12.000 unit per bulan. "Avanza tipe 1.3 G manual memang menjadi favorit di antara tujuh line up Avanza lainnya," ujarnya.

Tahun lalu penjualan Avanza secara nasional 162.070 unit atau menjadi pemimpin pasar segmen MPV kecil dengan pangsa sebesar 41,4 persen.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015