Jakarta (ANTARA News) - Agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), resmi meluncurkan varian baru Ayla Airbag.

Daihatsu dalam keterangan tertulisnya Selasa menyebutkan bahwa peluncuran tersebut menjadi bagian dari inovasi berkelanjutan untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan dengan kelengkapan fitur keamanan dan kenyamanan.

Ayla Airbag merupakan varian baru pengembangan Ayla Type X (transmisi MT dan AT) dengan penambahan fitur keamanan meliputi dual SRS airbag ruang pengemudi dan penumpang depan, berfungsi melindungi keduanya dari kemungkinan terjadinya benturan dengan stir mobil dan panel dashboard.

Pada baris pertama, Ayla Airbag juga dilengkapi fitur pretensioner & force limiter seat belt yang berfungsi mendukung kinerja airbag untuk meminimalisir cedera dengan mekanisme mengencangkan dan mengurangi tekanan berlebih pada dada pengemudi dan penumpang depan saat terjadi benturan frontal.

Ayla Airbag juga dilengkapi dengan fitur body reinforcement, berupa penambahan material pada beberapa bagian body untuk menambah daya tahan body saat terjadi benturan dari berbagai sisi serta brake pedal assist, dimana pedal rem akan langsung patah ke dalam saat terjadi tabrakan.

Desain itu akan meminimalkan risiko pengemudi terhimpit pedal rem.  Fitur side impact beam juga hadir untuk memberikan perlindungan apabila penumpang mengalami benturan dari samping serta Ayla Airbag dilengkapi dengan seatbelt pada semua baris sehingga memberikan keamanan bagi seluruh penumpang.

Untuk menambah kenyamanan, Ayla Airbag dilengkapi dengan air ventilator, fitur yang dapat mengatur sirkulasi udara dari luar ke dalam kabin atau sebaliknya sesuai kebutuhan.

Dengan demikian, kini Ayla sudah memiliki fasilitas keamanan dan kenyamanan yang semakin lengkap, menyusul beberapa penambahan saat peluncuran Ayla Improvement, Oktober 2014 lalu, seperti rear wiper (penyeka kaca belakang), meter cluster lengkap dengan tachometer, ECO indicator, dan MID (multi information display), tambahan air intake resonator untuk mengurangi kebisingan suara mesin bagi pengendara serta tambahan rear speaker yang dapat meningkatkan kualitas suara bagi penumpang belakang.

Sebagai informasi Ayla, yang menggunakan 86 persen komponen lokal, meraih pangsa pasar rata-rata 30% pada kelompok kendaraan LCGC (Low Cost Green Car).

“Sebagai sahabat baru keluarga Indonesia, Ayla Airbag hadir dengan fitur keamanan dan kenyamanan yang semakin lengkap. Daihatsu akan terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan Sahabat Daihatsu. Kami akan terus mendengarkan suara pelanggan agar semakin lekat di hati masyarakat sesuai spirit ‘Daihatsu Sahabatku’,“ ujar Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015