Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan merayakan pencapaian produksi ke-4 juta unit pada 7 Mei 2015.

"Kami mengundang Menteri Perindustrian Saleh Husin untuk menghadiri acara perayaan produksi ADM ke-empat juta sejak tahun 1980-an," Presiden Direktur ADM Sudirman Maman Rusdi di Jakarta, Senin.

Sudirman mengatakan, pencapaian produksi dari tiga juta unit ke-4 juta unit dinilai semakin cepat, yakni hanya membutuhkan waktu kurang dari dua tahun.

"Waktu itu pencapaian satu juta unit pada 2006, tiga juta unit pada 2013. Memang semakin cepat," kata Sudirman.

Menurutnya, dari total produksi ADM sebesar 515 ribu unit mobil pada 2014, terjadi peningkatan ekspor menjadi 15 persen dari total produksi, di mana sebelumnya hanya 14 persen.

Terkait permintaan pemerintah agar industri otomotif meningkatkan ekspor hingga 30 persen, Sudirman mengatakan bahwa ADM terus berkomitmen untuk meningkatkan ekspor.

"Kami tetap berkomitmen, kami ingin bicara dengan principal, karena untuk melihat pasar di luar tidak bisa dilakukan sendiri," ujar Sudirman.

Kemudian, lanjutnya, hal lain yang perlu dibicarakan adalah terkait produk yang banyak dihasilkan di Indonesia adalah jenis MPV, sedangkan negara-negara tujuan ekspor MPV masih terbatas.

"Berikutnya adalah layanan purna jual di negara tersebut bagaimana. Seperti yang dilakukan ADM, itu di 48 negara kami menjamin purna jualnya juga. Pemerintah juga sudah bertemu beberapa prinsipal, itu udah disampaikan dan menjadi catatan," kata Sudirman.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015