Jakarta (ANTARA News) - Perangkat hiburan suara atau audio kini tidak terpisahkan dengan kendaraan sehingga sejumlah pengguna mobil tidak segan melakukan modifikasi demi mendapatkan kualitas suara yang diharapkan.

Namun mengubah tatanan audio yang keluar dari sesuai aturan tidak hanya berakibat sumber listrik menjadi lekas habis, namun akan membuat garansi kendaraan menjadi hangus karena melakukan perubahan tidak sesuai standar.

Terios Rush Club Indonesia (Teruci) mencoba melakukan diskusi dengan Wahyu Tanuwidjaja selaku direktur perusahaan audio mobil Audioworkshop untuk berbagi cara aman melakukan modifikasi audio pada semua kendaraan khususnya untuk Toyota New Rush.


Jangan Potong Kabel

Garansi pabrikan berlaku jika tidak ada perubahan, pemotongan, penambahan pada jalur kelistrikan mobil sehingga untuk pengambilan daya yang tidak mengubah jalur tidak membatalkan garansi.

"Sekali anda potong kabel, garansi anda biasanya akan hangus jadi jangan potong kabel," kata Wahyu Tanuwidjaja selaku direktur Audioworkshop di Jakarta Jumat.

Wahyu menjelaskan untuk menghindari merusak kabel orisinil pemodifikasi bisa menggunakan alat bernama "T Harness" serta mengambil sumber listrik positif dari aki sementara negatif dari baut sabuk pengaman mobil.


Letakan Audio Secara Aman

Kendati idealnya subwoofer diletakan di belakang mobil namun bagi yang membutuhkan bagasi bisa meletakannya di bawah bangku kiri penumpang depan.

Di bawah bangku tersebut bisa menjadi tempat yang aman untuk meletakan subwoofer aktif model boom box, memasang subwoofer 10inci, atau memasang pirati eksternal. Sementara untuk amplifier bisa diletakan di bawah kursi pengemudi.

"Dimana pun diletakan pastikan alat itu aman, gunakan kabel sesuai daya, jauhkan kabel sinyal dan kabel power supaya tidak ada muncul suara yang menganggu," kata Wahyu.


Jangan Percaya Harga Murah

"Anda beli kabel murah, anda akan bermasalah," kata Wahyu,

Wahyu mengatakan banyak produk audio dan perangkat kabel yang dijual dengan harga murah tetapi tidak mengeluarkan suara berkualitas sehingga ia menyarankan untuk membeli head unit audio bermerek baik dan rangkaian kabel yang sudah standar nasional (SNI) di toko terpercaya.

"Saya sayang sekali dengan mereka yang membeli head unit dari merek yang tidak jelas. Usahakan beli yang bermerek, lebih mahal tapi memiliki harga jual," katanya.


Tambahkan Peredam

Memasang peredam suara merupakan hal penting dalam membangun sistem audio mobil karena akan menutup celah suara untuk memberikan suara bass yang solid atau tidak bocor suara.

"Saya tidak jadi pasang subwoofer karena sudah puas setelah menggunakan peredam," kata Wahyu menirukan pernyataan kliennya yang merasa puas setelah mobilnya diberikan peredam suara.


Pilihan Head Unit

Wahyu menyarankan untuk memilih head unit merek Jepang karena kualitasnya suaranya sudah teruji baik dan memiliki harga jual yang masuk akal.

Untuk pengguna Toyota New Rush, kata Wahyu, tidak perlu khawatir karena head unitnya sudah tipe tinggi dengan monitor sentuh piksel rapat, opsi kamera mundur, dan output RCA yang memudahkan modifikasi audio.

"Head unit Rush yang baru sudah bagus, sehingga tidak perlu beli lagi," ujar Wahyu.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015