Jakarta (ANTARA News) - Honda secara resmi memulai pengujian prototipe mobil kendali otomatis di Stasiun Senjata Angkatan Laut Concord, San Fransisco Bay Arena, Amerika Serikat.

Perusahaan asal Jepang tersebut menggunakan fasilitas "GoMentum Station" seluas 5.000 hektare yang disebut aman untuk melakukan uji coba tersebut.

Menurut laman LeftLaneNews, tempat pengujian ini memiliki jalan beraspal sepanjang 32 kilometer, yang terdiri dari lingkungan dan infrastruktur layaknya perkotaan.

Versi modifikasi Honda Acura RLX menjadi kendaraan pertama yang akan diuji di lokasi tersebut. Mobil ini telah dilengkapi sensor dan kamera yang memungkinkan para insinyur dapat mengembangkan teknologi kemudi otomatis untuk digunakan mobil masa depan.

"Stasiun Senjata Angkatan Laut Concord adalah tempat ideal untuk meningkatkan upaya penelitian dan pengembangan Honda," kata pemimpin sistem kendali otomatis Institut Penelitian Honda, Paul Cummings.

"Area tersebut merupakan lokasi terkendali yang dapat dimodifikasi untuk mewakili beragam lingkungan untuk uji coba kendaraan kemudi otomatis," katanya.

Honda dan dua pesaingnya dari Jepang dilaporkan telah mengembangkan teknologi kendali otomatis. Mereka bekerjasama dengan pemerintah dan para penyuplai untuk menyaingi produsen mobil Jerman dan Amerika yang juga tengah mengerjakan proyek serupa.
Penerjemah: Try Reza Essra
Copyright © ANTARA 2015