Jakarta (ANTARA News) - Kata "keselamatan" pun "keamanan" bagi Volvo bukan cuma jargon belaka ataupun cuma berlaku untuk produk mobil dan pengendaranya, namun jauh di atas itu semua.

Kini, hasil kolaborasi Volvo yang bermarkas di Gotheborg, Swedia, itu dengan Grey London, berhasil menemukan dan mengaplikasikan cat keselamatan tak tampak.

Pesepeda di jalan-jalan, bagi Volvo, sebagaimana pejalan kaki merupakan komponen penting lingkungan yang harus diutamakan keselamatannya.

Laporan www.adweek.com menyatakan, produk cat keselamatan yang ditemukan dan dikembangkan itu berasal dari perusahaan cat Swedia, Albedo100.

Albedo100 memproduksi LifePaint, cat reflektif yang cara mengaplikasikannya sangat praktis: cukup disemprotkan dari botol aerosolnya. Yang unik, LifePaint tidak akan tampak di bawah cahaya matahari alias pada siang hari, pasti samar dengan warna dasar benda yang disemprot —mirip sekedar vernis pelapis cat.

Fungsi keselamatannya baru menunjukkan "khasiatnya" jika obyek yang disemprot LifePaint itu terpapar cahaya lampu kendaraan pada suasana gelap atau temaram.

Dia akan “bersinar” sehingga pengendara yang menjumpai obyek itu akan waspada.

Sangat bermanfaat bagi pesepeda atau pejalan kaki, karena “cat” ini bisa diaplikasikan ke semua jenis permukaan, bahkan hp, komputer, topi, kain, sepatu kulit, bahkan jaket nilon tanpa merusak material tekstil itu, dan lain-lain. Pula aman buat kesehatan manusia pemakainya alias tidak beracun.

“Tugas kami bukan cume mengiklankan klien,” kata Ketua dan COO Grey London, Nils Leonard.

“Namun lebih jauh, membantu mereka memberi dampak positif bagi kebudayaan. Dengan LifePaint ini, kami membantu mengubah pengertian keselamatan dari Volvo bahwa itu bukan cuma dilihat dari dalam namun juga bagi masyarakat pemakai jalan,” kata Leonard.

“Apa lagi aksi lebih positif dari satu merek ketimbang turut berupaya menyelamatkan hidup?,” kata Leonard. 2.000 kaleng LifePaint dibagi secara gratis di toko-toko sepeda di London sementara ini.

Jika sukses, program kampanye keselamatan di jalan ini dikembangkan secara nasional; bahkan internasional.

Penerjemah: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015