Jakarta (ANTARA News) - PT BMW Indonesia akan merakit kendaraan BMW SUV X5 di Indonesia dengan menambahkan satu line perakitan, yang akan dimulai 10 April 2015.

"Pada 1 April, kami akan mengeluarkan satu line rakitan terbaru, model SUV X5, yang akan menjadi model ke-19 yang kami sediakan di Indonesia," ujar Head of Corporate Communication BMW Indonesia Jodie O'Tania di Jakarta, Senin.

Jodie mengatakan, dengan line terbaru tersebut, BMW akan menambah jumlah produksi mobil rakitan di tanah air menjadi 2.500 unit dari sebelumnya sekitar 2.045 unit per tahun.

Jodie menambahkan, penambahan target produksi tersebut tidak hanya berasal dari BMW SUV X5, tapi juga dari seluruh jenis kendaraan yang diproduksi di Indonesia.

Menurutnya, perusahaan memilih varian ke-19 ini untuk dirakit di dalam negeri, karena kendaraan yang selama ini diimpor dari Jerman tersebut merupakan salah satu dari lima jenis kendaraan BMW yang paling digemari, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia.

"Lima kendaraan paling digemari milik kami yaitu Seri 3, 5, X1, X3 dan X5. Produksi SUV X5 nantinya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik," ujar Jodie.

Ia menambahkan, SUV X5 sendiri akan dirakit di pabrik milik PT Gaya Motor yang berlokasi di Sunter Jakarta Utara, sebagaimana 18 varian kendaraan BMW lain yang telah dirakit sejak 2011.

Selain memasok mobil dari pabrik Sunter, BMW Indonesia juga memasok CBU (Completely Build Up) dari Jerman, yang nilainya mencapai 100 unit pada 2015 ini.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015