Jakarta (ANTARA News) - Mobil MPV premium Toyota Vellfire akhirnya resmi memasuki pasar otomotif Indonesia sejak diluncurkan tahun 2002 di Jepang.

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku distributor resmi merek Toyota di Indonesia hari ini meluncurkan All New Vellfire yang merupakan generasi kedua di Indonesia atau generasi ketiga untuk di Jepang.

"TAM sebelumnya belum pernah mengeluarkan Vellfire, namun banyak permintaan dari konsumen dan ternyata permintaan cukup besar," kata Vice President PT. Toyota Astra Motor (TAM) Suparno Djasmin saat acara peluncuran, di Jakarta, Jumat.

Menurut Suparno, keputusan untuk mendistribusikan Vellfire berdasarkan survei yang sudah dilakukan cukup lama.

All New Vellfire hadir dengan satu varian yakni Vellfire 2.5 G yang mengusung mesin dengan kapasitas 2,5 L.

"Sebelumnya, kami memang hanya konsentrasi menjual alphard (untuk kelas MPV premium), tetapi untuk generasi ketiga ini kami berkesimpulan bahwa Vellfire juga dicari konsumen Indonesia dengan modelnya yang sporty dan mewah," jelas Suparno.

All New Vellfire diluncurkan bersama dengan kemunculan All New Alphard yang merupakan generasi kedua di Indonesia atau generasi ketiga di Jepang. Keduanya didesain dan dikembangkan dalam konsep grandeluxe.

Dibandingkan model sebelumnya, sejumlah perubahan mendasar dilakukan untk All New Alphard dan All New Vellfire yaitu pada sistem suspensi dan mesin baru, dimensi yang lebih luas, dan desain inovatif.

"Perbedaan Vellfire dan Alphard itu didesain eksteriornya. Kalau Vellfire tampilannya lebih gaya dan sporty, jadi segmennya pada karakter pelanggan yang lebih senang sport dan stylish," jelasnya.

Ia pun mengaku optimistis dengaan kehadiran kedua MPV premium tersebut meskipun kondisi pasar otomotif Indonesia saat ini sedang mengalami penurunan.

"Kami selalu melakukan survei untuk produk baru apapun yang diinginkan pasar Indonesia. Ini sudah berdasarkan survei yang cukup lama. Jadi, kondisi pasar yang mengalami penurunan pada dua bulan ini tidak membuat kami menunda peluncuran All New Alphard dan All New Vellfire. Ini yang dibutuhkan customer kami," tutur Suparno yang juga yakin pasar otomotif akan segera bangkit.

Untuk harga, All New Vellfire dipasang dengan harga Rp980 juta (on the road Jakarta). " Harga ini masih belum menggunakan nilai tukar rupiah yang terakhir. Fluktuasi nilai tukar rupiah saat ini masih kami pertimbangkan," jelas Marketing Director PT TAM Rahmat Samulo.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015