Jakarta (ANTARA News) - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) berencana mengekspor 50.000 unit kendaraan mobil multiguna kecil atau small multi purpose vehicle (SMPV) dengan pembangunan pabrik baru di Indonesia.

Pabrik yang dibangun di kawasan Industri Greenland International Industrial Center, Bekasi, Jabar, itu akan mulai beroperasi pada April 2017.

"Prioritas pertama kami untuk konsumen di Indonesia. Kami akan mulai ekspor pada 2018 ke negara ASEAN dan beberapa negara lainnya sebanyak 20.000 unit. Lalu pada tahun 2019, kami akan mulai ekspor sampai 50.000 unit dari Indonesia ke negara lain," kata Chairman and CEO MMC Osamu Masuko, Selasa.

Pabrik baru Mitsubishi di Bekasi menurut Masuko merupakan pabrik Mitsubishi terbesar ketiga di dunia untuk memproduksi varian terbaru dari segmen small MPV dengan kapasitas mesin 1500 cc.

Produksi small MPV, lanjutnya, akan mulai dilakukan pada Agustus 2017 dengan total produksi 25.000 sampai 30.000 unit untuk pasar di Indonesia kemudian bertambah produksi 80.000 unit per tahun dari total produksi 160.000 unit.

Ekspor akan mulai dilakukan pada 2018 ke Filipina, Thailand, dan Vietnam. Selanjutnya ke Afrika, Timur Tengah dan Amerika Selatan.

"Di masa depan, kami akan meningkatkan produksi menjadi 240.000 unit," ujarnya.

Selain memproduksi SMPV, pabrik tersebut juga akan memproduksi Pajero Sport dan COLT L300 namun tidak untuk diekspor.

MMC memiliki total 30 pabrik di seluruh dunia. Pabrik di Indonesia akan menjadi salah satu pabrik yang penting secara strategis selain di Thailand, Tiongkok, dan Rusia.

Dengan berdirinya pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 30 hektar itu, Indonesia diharapkan menyumbang 10 persen angka penjualan dari total penjualan unit Mitsubishi di seluruh dunia dari sebelumnya 8 persen.

"Kami akan terus berkontribusi dalam industri otomotif serta dalam masyarakat di Indonesia melalui penempatan 3.000 tenaga kerja di pabrik manufaktur, pengembangan supplier suku cadang barun mempromosikan suku cadang lokal, transfer teknologi dan ekspor," jelas Masuko.

Pabrik baru Mitsubishi di Indonesia dibangun dengan total investasi Rp6,6 triliun yang merupakan kerjasama Mitsubishi Motors Corporation (51 persen), Mitsubishi Corporation (40 persen) dan PT Krama Yudha (9 persen).

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015